Bola Internasional

Piala Dunia 2018: Legenda Inggris Ini Ingin Semua Pemain Harus Jadi Kapten

Selasa, 10 Juli 2018 13:48 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

Rakya Inggris tengah bersuka cita karena keberhasilan tim nasionalnya menembus semifinal Piala Dunia sejak Piala Dunia 1990. Harry Kane dan kolega akan bersua Kroasia di Stadion Luzhniki, Moskow, Rabu (11/07/18), atau Kamis dini hari.

Legenda Inggris Paul Gascoigne tentu masih ingat foto menangisnya saat diberi kartu kuning di semfinal lawan Jerman (Barat) terpampang di halaman depan surat kabar.

Pria yang sempat mengalami kecanduan alkohol dan kebangkrutan ini mengatakan yang membentuk tim asuhan Gareth Southgate seperti saat ini adalah para pemainnya tampil berani tanpa takut.

TOP 5 NEWS INDOSPORT: PUTERA MENPORA KENA BOGEM, KETUA PSSI JADI GUBERNUR

“Mereka seperti tak punya takut, tetapi mereka nanti akan berhadapan dengan Kroasia, dan mereka adalah tim berkelas,” ujar mantan gelandang dengan panggilan Gazza tersebut sebagaimana dilansir Skysports.

Gazza sendiri berencana akan terbang ke Rusia untuk menyaksikan aksi Harry Maguire dan rekan. Sang legenda tentu berharap Inggris kali ini bisa ke final setelah penantian 52 tahun.

Menurut mantan pemain Newcastle United dan Tottenham ini, para pemain harus saling mengawasi satu sama lain. Intinya, semua pemain harus merasa bahwa mereka adalah kapten di lapangan.

“Setiap pemain adalah kapten di lapangan,” ujar Gazza.

Gazza juga menyarankan agar Inggris bisa tampil tanpa beban, tanpa berpikir siapa lawan mereka. Yang terpenting adalah berikan yang terbaik dan hibur para penggemar.

“Yang Anda harus lakukan adalah dengarkan keinginan penggemar. Itu yang saya lakukan. Hibur mereka,” ujar Gazza.

Tak lupa, mantan gelandang yang sempat gagal di Serie A Italia bersama Lazio memuji sang pelatih. Gazza juga menunjukkan dukungan untuk Southgate. Mereka pernah bermain bersama di Piala Eropa 1996.

“Teruskan perjuangan Anda. Saya akan selalu mendukung Anda.”