Bola Internasional

Piala Dunia 2018: Kesal Tak Lolos Final, Courtois Kritik Gaya Bermain Prancis

Rabu, 11 Juli 2018 11:35 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Getty Images
Thibaut Courtois. Copyright: © Getty Images
Thibaut Courtois.

Kiper Thibaut Courtois merasa kesal dan mengklaim permainan Prancis merupakan simbol yang memalukan untuk sepakbola di Piala Dunia 2018.

Apa yang diungkapkannya tak lepas dari rasa tidak terima dirinya dengan kegagalan Belgia merebut tiket final dari tangan Prancis di St Petersburg pada hari Rabu (11/07/18) dini hari WIB.

Sundulan Samuel Umtiti di babak kedua tak mampu dihalau Courtois dan mampu membuyarkan semua konsentrasi tim Setan Merah, julukan Belgia. Alhasil, kubu Didier Deschamps pun berhasil mempertahankan keunggulan dan melaju ke partai puncak.

TOP 5 NEWS INDOSPORT: PUTERA MENPORA KENA BOGEM, KETUA PSSI JADI GUBERNUR

Di sini, Courtois tidak hanya berbicara mengenai kekalahan, kiper Chelsea itu juga mencoba menghormati gaya bermain Prancis, meskipun dirinya tidak menerima bahwa gaya bermain Prancis bagus.

“Saya tidak akan mengatakan tim ini (Prancis) di lini depan lebih baik dari kami” katanya kepada BeIn Sports, dilansir Daily Mail.

"Mereka bermain dengan baik di lini belakang, dan selalu mengandalkan tendangan bola-bola mati (corner, tendangan bebas, penalti) dan itu mereka lalukan di semua pertandingan Piala Dunia 2018. Mereka tidak bagus dari kami," tambahnya.

Kekalahan Belgia disebut Courtois menjadi hal yang memalukan. Dirinya menyadari bahwa Generasi Emas dapat bermain lebih baik dengan mampu menahan gempuran Kylian Mbappe.

© INDOSPORT
Eden Hazard mencoba merebut bola di kaki Benjamin Pavard. Copyright: INDOSPORTEden Hazard mencoba merebut bola di kaki Benjamin Pavard.

“Ini memalukan bagi sepakbola (dalam ranah Piala Dunia) yang saat ini belum dimenangkan Belgia,” ujarnya mencoba mengatakan capaian terbaik Belgia adalah posisi keempat di tahun 1986 di Meksiko.

“Setiap tim bermain dengan kekuatannya, kekuatan kami bermain sepakbola, dan kekuatan mereka dalam bertahan dan serangan balik dengan (Kylian) Mbappe yang sangat cepat,” lanjut Courtois.

“Prancis sangat tahu bahwa kami kesulitan melawan tim yang bermain sangat cepat.”

Kekalahan ini membuat Belgia akan menjalani play-off perebutan tempat ketiga pada hari Sabtu (14/07/18) dini hari WIB, menghadapi tim yang kalah di semifinal lain antara Kroasia vs Inggris yang berlangsung Kamis (12/07/18) dini hari WIB.

Berikut Jadwal Pertandingan Semifinal Piala Dunia 2018: Kroasia vs Inggris

Ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA