Liga Spanyol

Takut Pamornya Turun karena Ronaldo, Presiden La Liga Spanyol Buka Suara

Rabu, 11 Juli 2018 12:48 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

Kepergian Cristiano Ronaldo ke Juventus sempat mengundang kekhawatiran penikmat La Liga Spanyol. Pasalnya, tidak akan ada lagi rivalitas antara Ronaldo dan Lionel Messi.

Dilansir dari ESPN, Presiden La Liga Spanyol, Javier Tebas, mengaku tidak khawatir dengan kepergian Ronaldo dari Real Madrid sebagai salah satu pemain bintang di La Liga Spanyol.

TOP 5 NEWS INDOSPORT: PUTERA MENPORA KENA BOGEM, KETUA PSSI JADI GUBERNUR

“Dalam beberapa tahun terakhir, kami telah memastikan bahwa kepergian Ronaldo tidak akan berdampak besar bagi liga,” ujar Tebas kepada Marca, Selasa (10/07/18).

“Sebelumnya saya memang khawatir, tetapi kini tidak lagi. Liga tidak bergantung kepada transfer jual-beli pemain. La Liga Spanyol lebih populer ketimbang nama seorang pemain, seperti halnya Real Madrid lebih besar namanya dibandingkan Ronaldo.”

© SAJJAD HUSSAIN / Stringer / Getty Images
Caption Copyright: SAJJAD HUSSAIN / Stringer / Getty ImagesJavier Tebas, presiden La Liga Spanyol.

La Liga Spanyol menjadi liga paling populer kedua setelah Liga Primer Inggris. Bulan lalu, pihak La Liga Spanyol mengumumkan kontrak baru dengan pihak penyiaran sebesar 3,4 miliar euro (Rp55 triliun) hingga 2022, meningkat 15 persen dari kesepakatan sebelumnya.

Tebas percaya bahwa La Liga Spanyol akan terus berkembang tanpa kehadiran Ronaldo sekalipun. Ia percaya pemain bintang lain akan datang ke Spanyol dan memeriahkan liga kembali.

“Liga Primer Inggris merupakan liga dengan nilai penyiaran yang berjumlah besar dan tidak memiliki pemain terbaik maupun klub terbaik di dalamnya. Pemasaran siaran yang tepat tidak bergantung kepada pemain dan klubnya,” Tebas menambahkan.

Ia juga mengatakan bahwa tidak ada negara yang mengalami penurunan pamor liga tanpa Ronaldo atau Messi. Liga yang kompetitif dilihat berdasarkan kompetisinya.

Berikut Jadwal Pertandingan Semifinal Piala Dunia 2018: Kroasia vs Inggris

Ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA