Liga Indonesia

Indra Sjafri Beberkan Perbedaan Timnas U-19 Era Evan Dimas dan Egy Maulana Vikri

Sabtu, 14 Juli 2018 13:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Yohanes Ishak
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Indra Sjafri saat press conference usai laga berakhir. Senin (9/7/18). Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Indra Sjafri saat press conference usai laga berakhir. Senin (9/7/18).

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri belum lama ini mengungkapkan perbedaan mendasar saat ia melatih skuat Garuda Nusantara pada era Evan Dimas di tahun 2013 lalu (saat juara Piala AFF U-19) dengan yang ada saat ini bersama Egy Maulana Vikri cs.

Menurutnya ada satu hal yang cukup mencolok dan membuatnya lebih leluasa dalam menentukan pilihan pemain.

Indra mengatakan saat ini ia sangat terbantu, sebab banyak pemain muda yang bermain di kompetisi kasta atas, kasta kedua, ketiga hingga kompetisi kelompok umur atau Liga U-19.

Tonton Video Dokter Sport: Resep Jitu Orang Indonesia Main di Liga Inggris

Hal ini sangat berbeda dengan era Evan Dimas, di mana pelatih asal Padang itu harus berjuang keras, melakukan kunjungan ke beberapa daerah untuk melihat secara langsung pemain pilihannya.

"Pemain memang harus bermain di kompetisi jadi dia matang di kompetisi. Beda dengan era Evan Dimas, saat itu mereka tidak ada di klub dan TC jangka panjang. Bisa dibayangkan saat ini tc cuma dua mjnggu tapi dengan hasil yang seperti ini," ucapnya.

© Ratno Prasetyo/ INDOSPORT
Evan Dimas saat mengikuti sesi latihan bersama timnas senior di lapangan Sekolah Pelita Harapan (SPH) Karawaci, Banten. Rabu (05/11/14). Copyright: Ratno Prasetyo/ INDOSPORTTimnas Indonesia U-19 era Evan Dimas di tahun 2013 lalu.

Tak hanya itu, Indra menjelaskan jika gaya bermain yang diusung Timnas U-19 adalah sepak bola menyerang.

Kendati masih ada beberapa kekurangan mendasar, ia masih memaklumi sebab para pemain masih berusia belia dan masih bisa diperbaiki agar lebih konsisten ke depannya.

"Filosofi saya, sepak bola menyerang dengan penguasaan bola dengan operan. Kalau memang ada kekurangan di sana sini, ya ini tim usia muda. Finishing harus lebih produktif dan itu yang mereka akan pelajari dari turnamen ke turnamen," tutupnya.

Timnas U-19 saat ini sedang berkompetisi di Piala AFF U-18 di Jawa Timur. Skuat Garuda Nusantara sejatinya menunjukkan penampilan impresif sejak babak penyisihan grup yakni empat kali menang beruntun dan sekali kalah.

Sayangnya, di babak semifinal, Timnas U-19 harus kalah dari Malaysia U-19 lewat babak adu penalti dengan skor 2-3 (imbang 1-1 di waktu normal). Karenanya, Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan hanya akan berjuang memperebutkan posisi ketiga melawan Thailand U-19 pada Sabtu (14/07/18).

Berikut jadwal lengkap babak final dan perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2018:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA