Liga Italia

Terkait Skandal, 2 Klub Terancam Degradasi dari Serie A Musim Depan

Rabu, 18 Juli 2018 10:21 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Para suporter Parma bentangkan logo klub. Copyright: © INDOSPORT
Para suporter Parma bentangkan logo klub.

INDOSPORT.comParma dan Chievo terancam terdegradasi dari Serie A Italia musim depan. Federasi Sepakbola Italia (FIGC) akan menghukum keduanya atas kasus-kasus yang berbeda.

Menurut laporan ESPN, Parma dihukum karena terlibat pengaturan skor saat melawan La Spezia musim lalu di Serie B Italia. Sementara itu, Chievo terkena kasus pemalsuan keuangan terkait transfer pemain dengan Cesena.

Parma pernah dijatuhi pemotongan dua poin pada musim 2017/18. Jika hukuman itu dijatuhkan, Parma akan tergeser oleh Palermo dari klasemen akhir dan gagal promosi ke Serie A Italia musim depan.

Pemain Parma, Emanuele Calaio, mengirimkan pesan WhastsApp kepada pemain Spezia untuk memberikan kemenangan 2-0 agar Parma dapat memastikan promosi. Akibat hal tersebut, Calaio dapat dijatuhi hukuman larangan berkompetisi selama empat tahun jika terbukti bersalah.

Sebagai pilihan lain, Parma tetap dapat berkompetisi di Serie A Italia, namun harus mendapatkan pengurangan enam poin pada tabel klasemen.

Walaupun pengadilan olahraga belum mengambil keputusan final, Parma diperkirakan tidak akan mendapatkan hukuman seberat kasus skandal Calciopoli 2006. Posisi mereka di Serie A Italia musim depan dipastikan aman.