Bola Internasional

Terungkap, Ini Taktik 'Rahasia' Malaysia Singkirkan Timnas U-19 di Piala AFF

Rabu, 18 Juli 2018 17:14 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Malaysia keluar sebagai juara di ajang Piala AFF U-18 2018. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Malaysia keluar sebagai juara di ajang Piala AFF U-18 2018.

INDOSPORT.COM - Malaysia U-19 telah menjuarai Piala AFF U-18 2018. Ternyata prestasi itu tidak lepas dari kejelian sang pelatih melihat kondisi pemain Indonesia.

Timnas Malaysia U-19 secara mengejutkan keluar sebagai juara Piala AFF U-18 2018 yang baru saja berakhir pekan lalu. Tim muda Harimau Malaya itu mencatatkan sejarah dengan meraih gelar tersebut untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Hasil tersebut memang diluar dugaan, bahkan bagi pelatih Timnas Malaysia U-19, Bojan Hodak. Pasalnya, ia hanya punya dua hari untuk benar-benar mempersiapkan tim dan bertanding di kejuaraan usia muda se-Asia Tenggara itu.

"Kami tidak punya persiapan. Bayangkan, kami cuma punya waktu dua hari, full skuad hanya dua hari untuk latihan penuh. Saya diberi waktu tujuh hari, tapi full skuad hanya dua hari," tuturnya.

Kendati demikian, Malaysia U-19 tetap tampil bagus, bahkan lolos sebagai juara Grup B dan menantang tuan rumah Indonesia di babak semifinal.

Bermain di Stadion Gelora Delta Sidoarjo yang penuh dengan suporter tuan rumah memang tidak mudah. Terbukti, Malaysia sudah kebobolan di awal babak pertama lewat tendangan penalti Egy Maulana Vikri.

Tertinggal, mental Malaysia tidak lantas menurun. Mereka tetap berusaha menekan dan akhirnya bisa menyamakan kedudukan di babak pertama.

© Fitra Herdian/INDOSPORT
Para pemain Malaysia U-18 berselebrasi setelah sukses mencetak angka ke gawang Myanmar U-18. Copyright: Fitra Herdian/INDOSPORTPara pemain Malaysia U-18 berselebrasi setelah sukses mencetak angka ke gawang Myanmar U-18.

Bahkan, Malaysia mampu bertahan dari gempuran pemain Indonesia U-19 selama 90+4 menit dan akhirnya keluar sebagai pemenang di babak adu penalti.