Liga Indonesia

Arema FC Tempuh Semua Opsi Transfer untuk 8 Pemain yang Dicoret

Kamis, 19 Juli 2018 01:30 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Srdjan Ostojic saat diperkenalkan sebagai pemain asing baru Arema FC Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Srdjan Ostojic saat diperkenalkan sebagai pemain asing baru Arema FC

INDOSPORT.COM - Efisiensi dalam komposisi pemain menjadi tujuan utama Arema FC di masa bursa transfer Liga 1 2018 saat ini. Tidak heran bahwa mereka memiliki niatan untuk merombak skuat mereka.

Tim berjulukan Singo Edan itu memandang perlunya mengikis jumlah pemain agar kinerja tim bisa lebih optimal dalam misi meningkatkan prestasi.

Sejauh ini, delapan nama sudah dipastikan tidak lagi bersama Arema FC. Kedelapan pemain itu hengkang dengan status yang berbeda, setelah menempuh jalur diskusi bersama tim pelatih maupun manajemen.

"Idealnya memang dipinjamkan, karena klub baru mereka tinggal melanjutkan sisa gaji. Tapi, bisa saja opsi pemutusan kontrak ditempuh, tentu atas kesepakatan bersama," kata Ruddy Widodo.

General Manager Arema FC itu memang tidak mau salah langkah dalam pencoretan pemain yang sudah terikat kontrak. Merujuk pada Pasal 26 regulasi Liga 1, pada poin 9 dijelaskan tentang semua opsi menyangkut status pemain. 

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Hamka Hamzah (tengah) saat diperkenalkan Ruddy Widodo (GM) dan Sudarmaji (MO) Arema FC. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTHamka Hamzah (tengah) saat diperkenalkan Ruddy Widodo (GM) dan Sudarmaji (MO) Arema FC.

Ada dua opsi yang bisa ditempuh pada bursa transfer Liga 1, yaitu peminjaman (loan) maupun penghentian kontrak lewat sejumlah kompensasi dengan atas kesepakatan bersama klub sebelumnya.

"Opsi peminjaman kami lakukan pada Junda Irawan, karena memiliki kontrak panjang sampai dua musim," beber Ruddy

.

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Ahmet Atayev. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTAhmet Atayev saat masih berkostum Arema FC di Liga 1.

Sedangkan opsi pemutusan kontrak dilakukan Arema FC kepada tiga pemainnya, sehingga mereka bisa membuka lembar kontrak baru dengan klub berikutnya. Melalui kesepakatan bersama, maka kepindahan tiga pemain menimbulkan nilai kompensasi yang sayangnya masih dirahasiakan.

"Manajemen Bali United sebelumnya sudah setuju dengan nilai pada gaji Syaiful Indra Cahya, seperti di Arema. Sedangkan Ahmet Atayev dan Thiago Furtuoso masih tahap komunikasi (dalam menyepakati besaran kompensasi)," ucap pengusaha di bidang transportasi itu mengakhiri.

Klub Baru Delapan Pemain yang Dicoret Arema FC:

1. Tedi Heri Setiawan (-)
2. Joko Ribowo (PSIS Semarang)
3. Muhamad Zaenuri (PSIS Semarang)
4. Junda Irawan (Persija Jakarta)
5. Syaiful Indra Cahya (Bali United)
6. Ahmet Atayev (-)
7. Balsa Bozovic (-)
8. Thiago Furtuoso (-)

Zohri Berharap Kisruh Bendera dan Kondisi Rumahnya Tidak Perlu Dibahas Lagi

208