Liga Italia

Cerita Miris dari Eks Man United yang Kesepian dan Menderita Dibekap Cedera

Kamis, 19 Juli 2018 21:37 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Irfan Fikri
© skysports.com
Giuseppe Rossi Copyright: © skysports.com
Giuseppe Rossi

INDOSPORT.com - Cedera. Kata-kata ini tentu tidak ingin dialami atlit manapun, termasuk pesepakbola. Sudah banyak kasus pesepakbola yang kariernya hancur karena cedera berkali-kali.

Kisah Giuseppe Rossi salah satunya. Mungkin tak banyak tahu dia pernah direkrut Manchester United (saat dilatih Sir Alex Ferguson) periode 2004 hingga 2007 di level junior. 

Lantaran nyaris tak mendapat kesempatan main di tim inti, Rossi dilepas di La Liga Spanyol bersama Villareal. Bersama Man United ia hanya dapat kesempatan 5 kali tampil setelah 3 tahun tampil. Sebagai penyerang saat itu ia hanya cetak sebiji gol.

Enam musim di Spanyol, penampilannya bersama Villareal terbilang lumayan. Dia mencetak 82 gol selama itu, melebihi Diego Forlan. Puncaknya adalah pada 2010/11 saat ia membantu klub mencapai semifinal Liga Europa dan perempatfinal Piala Raja. Tetapi di tahun jelang akhir 2011, cedera mulai menganggu kariernya.

Hingga akhirnya ia kembali ke kampung halamannya gabung ke Fiorentina. Di klub berkostum ungu ini ia tampil tak terlalu moncer sejak 2013-2017 dengan mencetak 16 gol dari 33 kesempatan tampil.

Hingga akhirnya ia dipinjamkan ke sejumlah klub Spanyol, Levante dan Celta Vigo. Selama masa pinjaman kariernya tak kunjung mengkilap hingga akhirnya ia terdampar ke Genoa pada 2017.

Saat ini, kontraknya bersama Genoa sudah habis dan dia berstatus bebas transfer. Selama 14 tahun kariernya, empat tahun habis untuk pemulihan cedera lututnya. Namun, dia tidak terpikir untuk menyerah.

“Terasa berat dan kesepian. Namun bagi saya, terus memikirkan cedera hanya buang waktu. Anda akan tenggelam dengan pikiran-pikiran buruk yang membahayakan Anda secara psikologis,” demikian penuturannya kepada BBC.

 “Saya harus tetap semangat dengan berkata pada diri sendiri bahwa saya punya tujuan dan cita-cita." 

Rossi sempat bermain 30 kali bersama tim nasional Italia sebelum memutuskan pensiun dari Gli Azzurri pada 2014.

225