Bola Internasional

Datangkan Ronaldo, Juventus Bisa Raup Untung Besar

Kamis, 19 Juli 2018 19:13 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Yohanes Ishak
© Getty Images
Cristiano Ronaldo saat diperkenalkan Juventus kepada publik. Copyright: © Getty Images
Cristiano Ronaldo saat diperkenalkan Juventus kepada publik.

INDOSPORT.COM - Juventus diprediksi bisa meraup untung besar di musim depan meskipun telah mengeluarkan dana besar untuk mendatangkan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid.  

Dilansir dari Football Italia, Bianconeri membeli Ronaldo seharga 112 juta Euro atau setara Rp1,87 triliun. Gaji bintang asal Portugal ini pun diprediksi sebesar 30 juta Euro atau sekitar Rp502 miliar per musim.

Meskipun begitu, media Prancis, L’Équipe menunjukkan Ronaldo akan mendongkrak nilai pemasaran klub. Terlebih, ia memiliki empat juta lebih pengikut di media sosial sejak resmi berada di Turin.

Juve mengelola merchandising dan perizinan mereka tanpa perantara. Karena itulah, mereka dapat memperoleh keuntungan besar dari hasil penjualan.

Di Real Madrid, jersey CR7 menyumbang 40 persen dari total penjualan. Sementara sebagian besar penjualan baju diberikan ke Adidas, dimana adatambahan pembayaran royalti bila jersey laku melebihi ambang batas penjualan.

Bianconeri juga akan berada dalam posisi yang kuat untuk menegosiasikan kembali perjanjian sponsor mereka dengan Adidas dan Jeep setelah kedatangan Ronaldo. Dari penjualan tiket hanya sedikit keuntungan, karena Stadion Allianz hanya memiliki 41.000 kursi dan sudah terjual 94 persen.

Diprediksi,Juve akan meningkatkan harga tiket per musim sekitar 30 persen. Hak siar televisi juga akan menambah keuntungan, bila mereka terus melaju di Serie A dan Liga Champions.

Dengan kedatangan Ronaldo, Juve juga bisa menjual beberapa pemain seperti Stefano Sturaro, Marko Pjaca, Daniele Rugani serta Gonzalo Higuain. Bila semua transfer berhasil, diperkirakan pemasukan dari sektor ini mencapai 150 juta Euro atau setara Rp2,5 triliun.

Luar Biasa! Kylian Mbappe Sumbangkan Gajinya di Piala Dunia 2018 untuk Amal