Bola Internasional

Top Kiper di Piala Dunia 2018 Versi INDOSPORT: Thibaut Courtois

Kamis, 19 Juli 2018 13:17 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
Kiper Timnas Belgia, Thibaut Courtois. Copyright: © INDOSPORT
Kiper Timnas Belgia, Thibaut Courtois.

INDOSPORT.COM - Tanpa sosok kiper yang satu ini, bukan tidak mungkin negara yang ia bela dapat berkiprah cukup banyak di Piala Dunia 2018.

Ajang empat tahunan kompetisi sepak bola terbesar, Piala Dunia 2018 memang baru saja berakhir beberapa hari yang lalu. Prancis pada akhirnya keluar sebagai juara setelah menaklukkan Kroasia di partai puncak dengan skor 4-2.

Dari total 64 pertandingan yang telah digelar, total ada 40 kiper yang bisa merasakan atmosfer Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia.

Dari deretan 40 kiper yang tampil itu, INDOSPORT memilih satu nama yang berhak mendapatkan status kiper terbaik selama Piala Dunia 2018, yakni Thibaut Courtois.

Kiper asal Belgia itu memang juga terpilih sebagai kiper terbaik FIFA, namun pilihan tersebut dirasa tepat karena memang apa yang ditampilkan kiper milik klub Chelsea itu sungguh mengesankan dan layak.

© INDOSPORT
Thibaut Courtois vs Brasil Copyright: INDOSPORTThibaut Courtois vs Brasil

Posisi Courtois di Belgia selama Piala Dunia memang tak tergantikan sama sekali. Dari 7 laga yang ia mainkan, tak memberikan semenit pun kepada kiper lain.

Courtois sukses melakukan 27 penyelamatan sepanjang Piala Dunia dan memiliki catatan persentase penyelamatan sebesar 81,8 persen.

Salah satu penampilan terbaiknya adalah saat Belgia menghadapi Brasil di babak delapan besar. Saat itu dirinya berhasil membawa Belgia menaklukkan juara dunia lima kali.

Meski ia kebobolan satu gol, namun Courtois di laga tersebut bagaikan benteng kokoh, ia banyak mementahkan peluang-peluang pemain Brasil. Bahkan dirinya melakukan sembilan penyelamatan dalam satu pertandingan.

Dari jumlah tersebut, termasuk melakukan penyelamatan penting, yaitu tendangan yang dilesatkan oleh Neymar di menit-menit akhir dengan satu tangannya.

Luar Biasa! Kylian Mbappe Sumbangkan Gajinya di Piala Dunia 2018 untuk Amal

Penulis: Dimas Ramadhan

95