Liga Inggris

Klub Promosi Liga Inggris Berencana Beli Stadion Wembley

Kamis, 19 Juli 2018 19:32 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Lanjar Wiratri
© UEFA via Getty Images
Stadion Wembley adalah stadion milik Tim Nasional Inggris. Copyright: © UEFA via Getty Images
Stadion Wembley adalah stadion milik Tim Nasional Inggris.

INDOSPORT.COM - Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) berencana akan menjual Stadion Wembley kepada Shahid Khan selaku pemilik klub Fulham. Penjualan ini diyakini akan memberikan keuntungan bagi sepak bola Inggris.

Dilaporkan dari Standard, Shahid Khan yang juga selaku pemilik NFL, Jacksonville Jaguars, akan membeli Wembley dengan harga senilai 500 juta poundsterling atau sekitar Rp9,4 triliun.

FA menilai jika Wembley jatuh kepada miliarder itu lebih mampu menghasilkan keuntungan.

Namun penjualan stadion bersejarah tersebut akan dinegosiasikan kembali bersama Parlemen Inggris, Tracey Crouch  (Menteri Olahraga Inggris), Gary Neville (mantan pemain Timnas Inggris), dan Pendukung Sepak bola.

Alasan lainnya ialah FA harus mengeluarkan biaya senilai 100 juta poundsterling (Rp1,8 triliun) setiap tahunnya selama 20 tahun untuk memfasilitasi Grassroot Football atau pembinaan sepak bola usia muda.

FA juga mengharapkan jika stadion itu terjual maka uang publik yang digunakan untuk membangun Wembley sebesar 161 juta poundsterling (Rp3 triliun), harus dikembalikan dan dijadikan investasi lagi di Timnas Inggris.

© Tottenham Hotspur FC/Tottenham Hotspur FC via Getty Images
Wembley dijadikan markas bagi Tottenham Hotspur di pentas Liga Champions. Copyright: Tottenham Hotspur FC/Tottenham Hotspur FC via Getty ImagesWembley dijadikan markas bagi Tottenham Hotspur di pentas Liga Champions.

Di sisi lain, Gary Neville mengecam FA tentang rencana penjualan Wembley. Ia menilai jika Wembley dijual maka akan ada rasa penyesalan yang besar bagi warga Inggris.

"Saya putus asa pada pemikiran bahwa dewan FA dan manajemen duduk di sana dan berpikir bahwa mereka harus menjual Wembley untuk mendanai Grassroot Football," protes Neville.

Ikuti informasi terbaru seputar olahraga di INDOSPORT.

 

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on