Liga Indonesia

Administrasi Belum Lengkap, Pelatih Baru Persipura Beri Arahan dari Luar Pagar

Kamis, 19 Juli 2018 17:31 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Lanjar Wiratri
© KabarPapua.co/Lazore
Skuat Persipura Jayapura. Copyright: © KabarPapua.co/Lazore
Skuat Persipura Jayapura.

INDOSPORT.COM - Persipura telah memiliki sosok pelatih baru pengganti Peter Butler yang dipecat. Masih terkendala proses adiminstrasi, pelatih anyar Persipura itu pun belum bisa mendampingi tim.

Persipura belum lama ini sudah mendatangkan satu nama pelatih asing asal Brasil, Amilton Silva de Olivera yang dikontrak selama setahun. Namun Amilton belum juga bertugas di pinggir lapangan, lantaran proses administrasi yang belum juga kelar.

Sejatinya, Amilton memang sudah mulai bertugas memimpin latihan Boaz Salossa dan kolega. Tapi hanya sebatas latihan saja. Sisanya, saat pertandingan, strateginya dikolaborasikan dengan sang asisten, Tony Ho.

Terlihat dalam laga kontra PSIS kemarin, Amilton nampak kesulitan untuk mempresentasikan taktiknya dari luar pagar lapangan Mandala. Ditambah lagi, dengan bahasa Indonesia yang sedikit banyak sudah tak dihafalnya.

Tony Ho yang sebagai asistennya pun memegang tugas terakhir untuk menerjemahkan taktik tersebut kepada para pemain di depan bench.

"Itu bukan seutuhnya strategi saya, tapi hasil kolaborasi saya dengan pelatih kepala, Amilton," ujar Ho, Kamis (19/07/18).

Saat diminta komentarnya tentang kepindahan Peter Butler ke PSMS Medan dan perbandingan saat dia melatih bersama Peter Butler dan pasca peralihan, Ho sama sekali tidak mau berkomentar soal itu. "Ya itu bukan urusan saya," tambahnya.

© Sudjarwo/Indosport.com
Asisten Pelatih Persipura, Tony Ho bersama Boaz Atururi saat menggelar konferensi pers usai laga Persipura vs PSIS Semarang, Rabu (15/07/18). Copyright: Sudjarwo/Indosport.comAsisten Pelatih Persipura, Tony Ho bersama Boaz Atururi saat menggelar konferensi pers usai laga Persipura vs PSIS Semarang, Rabu (15/07/18).

Ho mungkin berpikir bahwa kondisi Persipura saat ini memang kurang menguntungkan, sebab tandemnya di jajaran pelatih belum bisa mendampingi tim secara langsung di lapangan.

Ho sendiri menjadi bagian masa kepemimpinan eks pelatih Persipura, Angel Alfredo Vera dan Peter Butler. Dimana di periode tersebut, debut pelatih kepala Persipura selalu berakhir dengan kemenangan.

Bahkan di era Alfredo Vera, Ho ikut mendulang kesuksesan saat mengantarkan Persipura sebagai kampiun Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016. 

Luar Biasa! Kylian Mbappe Sumbangkan Gajinya di Piala Dunia 2018 untuk Amal