Liga Indonesia

Butuh Egy Maulana Vikri di Timnas U-19, Indra Sjafri Janji Bakal Lakukan Hal 'Gila'

Jumat, 20 Juli 2018 20:18 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Fitra Herdian/Indosport
Egy Maulana Vikri tampak keluar air mata saat menyanyikan lagu Indonesia Raya. Copyright: © Fitra Herdian/Indosport
Egy Maulana Vikri tampak keluar air mata saat menyanyikan lagu Indonesia Raya.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri secara tidak langsung sudah menyatakakan sangat membutuhkan Egy Maulana Vikri pada gelaran Piala Asia U-19 yang bakal berlangsung Oktober mendatang di Tanah Air.

Bahkan, eks pelatih Bali United itu menyatakan akan melakukan hal 'gila' untuk memastikan pemain 18 tahun itu ikut bergabung.

Indra mengatakan panggilan membela Timnas Indonesia adalah sebuah kewajiban, sehingga ia akan mencari Egy Maulana Vikri sekalipun pemain Lechia Gdansk itu berada di tempat yang sulit dijangkau sekalipun. 

Pelatih asal Padang, Sumatera Barat itu berharap Lechia Gdansk bisa memberikan keringanan atau mengerti jika nantinya Egy dipanggil ke Timnas U-19. Sebab, tenaga Egy sangat dibutuhkan untuk membantu skuat Garuda Nusantara menggapai mimpi bermain di babak semifinal Piala Asia U-19 (sekaligus lolos ke Piala Dunia U-20 tahun depan).

"Oh iya, dia bermain di klub manapun pastinya untuk tim nasional. Saat negaranya memanggil, dia harus datang. Tak bisa tidak. Mau di langit pun saya panggil dia, karena dia ditaruh di klub itu untuk kepentingan tim nasional, dan itu ada kesepakatan di dunia," ucapnya.

"Dan saya malahan ingin ada beberapa, satu sampai dua pemain lagi kalau ada tim Eropa yang mau. Ya kita akan taruh dia di Eropa," imbuhnya menyoal kesempatan pemain muda Indonesia berkarir di luar negeri.

Sebagai persiapan menuju Piala Asia U-19, Timnas U-19 rencananya akan melakukan pemusatan latihan jangka panjang pada Agustus nanti. Pelatih Indra Sjafri akan memanggil sejumlah nama baru untuk dilihat kemampuannya dan menciptakan persaingan di tiap lini.

Namun, hal itu sepertinya tidak bisa terjadi pada Egy Maulana Vikri. Pemuda asal Medan, Sumatera Utara itu kemungkinan sulit dilepas, sebab sudah terikat kontrak secara profesional dan hanya bisa dilepas pada agenda internasional atau yang tercatat pada agenda FIFA.

"Jadi saya juga akan share program saya ke pelatihnya Egy. Nanti soal kapan dan dimana dia akan bergabung. Walaupun bentrok (dengan Liga Polandia), itu diatur di statuta FIFA, jadi dia (Egy) wajib hadir dua minggu sebelumnya (Piala Asia U-19)," harap Indra Sjafri soal bergabungnya Egy.

Luar Biasa! Tim LKG SKF Indonesia Berhasil menumbangkan Denmark 18 Gol Tanpa Balas

 

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on