Bola Internasional

Reaksi PSSI Terkait Wacana Undian Ulang Cabor Sepak Bola Asian Games 2018

Jumat, 20 Juli 2018 16:24 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Petrus Manus Da'Yerimon/Indosport.com
Ratu Tisha Sekjen PSSI Copyright: © Petrus Manus Da'Yerimon/Indosport.com
Ratu Tisha Sekjen PSSI

INDOSPORT.COM - PSSI bereaksi terkait wacana undian ulang cabang olahraga (cabor) sepak bola di Asian Games 2018. Sebanyak 24 negara telah dipastikan ikut serta pada kejuaran sepak bola di Asian Games 2018.

Bahkan pengundian babak grup pun telah dilakukan awal bulan ini dan terbagi dalam enam grup yang diisi oleh empat peserta. 

Akan tetapi, belakangan muncul protes dari Uni Emirat Arab (UEA) dan Palestina lantaran tidak ada dalam daftar grup sepak bola. Padahal kedua negara tersebut menyatakan telah memberikan persyaratan lengkap. Hal itu pun membuat konfederasi sepak bola Asia atau AFC meminta agar dilakukan pengundian ulang. 

Terkait simpang siurnya kondisi tersebut, pihak federasi sepakbola Indonesia atau PSSI pun angkat bicara. Sekjen PSSI, Ratu Tisha menyatakan mereka tidak punya kewenangan lebih untuk menjawab tuntutan yang ada. Sebab, posisi Indonesia pun hanya sebagai peserta, dan tidak terlibat langsung dalam proses undian yang sepenuhnya ditangani panitia Asian Games (INASGOC).

"PSSI masih menunggu rilis resmi dari INASGOC seperti apa. Pada dasarnya, kita (Timnas Indonesia U-23) salah satu peserta. Jadi, kita lihat seperti apa updatenya, yang jelas kita bersiap," ucapnya singkat.

© INDOSPORT/Abdurahman Ranala
Timnas Indonesia U-23 Copyright: INDOSPORT/Abdurahman RanalaTimnas Indonesia U-23

Sementara itu, Ketua INASGOC Erick Thohir menyatakan keberatan jika pengundian yang dilakukan pada 5 Juli 2018 lalu harus diulang. Menurutnya, hal itu tidak bisa diubah begitu saja. Sehingga Erick memberikan saran agar kedua negara itu untuk bisa ambil bagian dengan cara lainnya.

"AFC meminta undian ulang karena Uni Emirat Arab (EUA) dan Palestina mau ikut. Tapi kami tidak mau undian lagi. Kalau mereka mau ikut silakan undian di pot masing-masing, jangan undian ulang total," buka Thohir.

"Kami minta undian seperti ini. Yang perlu diingat adalah ini multievent. Jadi, ada koridor-koridor yang memang harus diselesaikan dengan federasi internasional," jelasnya lagi.

Sebagai informasi pada cabang olahraga sepakbola Asian Games 2018 nanti, Timnas Indonesia U-23 tergabung dalam Grup A yang bersisi Hong Kong, Laos, dan China Taipei (Taiwan).

Luar Biasa! Tim LKG SKF Indonesia Berhasil menumbangkan Denmark 18 Gol Tanpa Balas

 

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on