Bola Internasional

Berakhir Sia-sia, Ini 5 Bukti Kehebatan Ozil untuk Timnas Jerman

Senin, 23 Juli 2018 06:25 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
 Copyright:

INDOSPORT.COM Mesut Ozil akhirnya mengeluarkan pernyataan mengejutkan dirinya pensiun dari Timnas Jerman saat masih berusia 29 tahun, Senin (23/07/18) dini hari tadi. Banyak yang terkejut dengan keputusan pensiun gelandang Arsenal itu.

Eks gelandang Real Madrid ini memang menjadi bulan-bulanan para suporter Jerman usai penampilan buruknya di Piala Dunia 2018 di Rusia lalu. Apalagi, namanya terseret dalam kasus berbau politik usai berfoto bersama dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Bahkan foto ini pun mengundang komentar pedas dari Presiden Federasi Sepakbola Jerman (DFB), Reinhard Grindel. Menurutnya, Ozil dan juga Ilkay Gundogan telah bersikap tidak hormat kepada Jerman.

Ozil pun menjelaskan bahwa kasus foto dirinya dengan presiden Turki tersebut, telah membuatnya merasa tidak dihargai dan telah dijadikan kambing hitam atas kegagalan Jerman di Piala Dunia 2018.

"Perlakuan yang kuterima dari DFB dan banyak pihak lainnya membuatku tidak ingin lagi mengenakan kaus Timnas Jerman. Aku merasa tidak diinginkan dan berpikir bahwa apa yang sudah kucapai sejak debut internasionalku pada 2009 sudah dilupakan," ujar Ozil dikutip dari Independent.

Merasa semua prestasi dan nasionalisme Ozil diragukan oleh Jerman, INDOSPORT pun mencoba menjabarkan sebanyak 5 bukti kehebatan Ozil selama membela Der Panzer. Berikut kelima bukti tersebut.

1.8K