Bola Internasional

Ozil Buka Suara Terkait Pertemuan Kontroversinya dengan Erdogan

Senin, 23 Juli 2018 14:00 WIB
Editor: Juni Adi
© INDOSPORT
Mesut Ozil, Cenk Tosun, Ilkay Gundogan, dan Recep Tayyip Erdogan. Copyright: © INDOSPORT
Mesut Ozil, Cenk Tosun, Ilkay Gundogan, dan Recep Tayyip Erdogan.

INDOSPORT.COM - Jelang Piala Dunia 2018 lalu, dua bintang Timnas Jerman, Mesut Ozil dan Ilkay Gundogan mendapat kritikan keras dari publik Jerman. 

Bahkan akibat kritikan itu, Ozil secara resmi baru-baru ini menyatakan pensiun dari Timnas Jerman. "Perlakuan yang kuterima dari DFB dan banyak pihak lainnya membuatku tidak ingin lagi mengenakan kaus Timnas Jerman." ujar Ozil seperti dikutip dari Independent

Hal itu dikarenakan sebuah foto kontroversial keduanya dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan tersebar di dunia maya. Sontak saja foto tersebut mendapat banyak kecaman dan protes karena diduga melanggar hak-hak sipil dan politik.

Selain itu, pertemuan yang digelar di London pada Mei lalu tersebut juga membuat keduanya dianggap sebagai alat kampanye Erdogan pada pemilu Turki, yang dilaksanakan beberapa hari setelah pertemuan.

Menanggapi hal itu, Gundogan membantah kalau pertemuan itu bermuatan politik. Sedangkan Ozil yang sempat tak ingin berkomentar mengenai masalah ini, akhirnya buka suara. Berikut kata Ozil: