Bola Internasional

Dukungan untuk Ozil: Dari Pembalap Hingga Sastrawan Ternama

Selasa, 24 Juli 2018 17:54 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© twitter.com
Mesut Ozil dalam laga perdana Grup F, Jerman vs Meksiko, Minggu (17/06/18). Copyright: © twitter.com
Mesut Ozil dalam laga perdana Grup F, Jerman vs Meksiko, Minggu (17/06/18).

INDOSPORT.COM – Di tengah segala kontroversi yang menyelimuti pengunduran dirinya, Mesut Ozil tetap mendapat simpati. Dari klubnya Arsenal bahkan hingga sastrawan.

Mesut Ozil akhirnya lelah juga. Pemain Jerman keturunan Turki ini memutuskan mundur dari laga internasional bersama Tim Nasional Jerman pada Minggu (22/07/18).

Tudingan tidak nasionalis akibat foto bersama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan sebulan sebelum Piala Dunia 2018 di Rusia dan penampilan tak maksimal di ajang empat tahunan tersebut membuatnya gerah.

Pihak DFB menjadi kambing hitam karena memecah belah pendapat publik Jerman. Bahkan politisi dan para menteri di Jerman hingga mantan petinggi DFB juga menyalahkan Presiden DFB Reinhard Grindel dan Direktur Olahraga DFB Oliver Bierhoff karena tidak segera menyelesaikan kesalahpahaman ini.

Setelah lama terdiam, Ozil buka suara terkait pertemuannya dengan Erdogan. Dalam surat resmi yang diunggah di akun Twitter resminya @MesutOzil1088, dia menjelaskan bahwa pertemuan tersebut dalam acara amal dan pendidikan, tidak terkait politik.

Ozil juga menunjukkan bahwa sekalipun dia sudah jadi warga negara Jerman, namun masih ingat asal usulnya. Kedua orang tua Ozil memang keturunan Turki.

"Dua minggu terakhir memberi waktu saya berpikir mengenai segala kejadian dalam beberapa bulan terakhir. Saya ingin membagi apa yang saya pikirkan dan rasakan mengenai apa yang terjadi, “ cuit akun @MesutOzil1088 sebagaimana dilansir TRTWorld, Senin (23/07/18) dan dibawahnya ada surat resmi mengenai alasan bertemu Erdogan yang memperoleh stigma buruk sebagai pemimpin otoriter.

Lepas apapun itu, para rekan Ozil, klub tempatnya bermain (Arsenal), sesama atlet hingga penulis mengungkapkan simpatinya pada eks pemain Real Madrid ini. Seperti yang ditunjukkan rekan Ozil di Arsenal, Hector Bellerin.

“Aneh saja pemain yang sudah berbuat sesuatu untuk negaranya di lapangan dan di luar lapangan namun harus menerima perlakuan tak hormat seperti itu. Salut @MesutOzil1088 atas sikapmu,”demikian cuitan akun @HectorBellerin.

Arsenal, yang tengah mengadakan laga pramusim di Singapura, memposting foto Ozil yang ikut bersama skuat di negeri mungil tersebut.

“ Senang Anda telah kembali,” cuit akun @Arsenal.

Nico Rosberg, pembalap asal Jerman dan juara dunia Formula 1 pada 2016, mengunggah foto Ozil memegang trofi Piala Dunia sebagai bentuk penghargaan bagi gelandang 29 tahun ini. “Terima kasih Mesut,” cuit akun @nico_rosberg.

Penulis legendaris Paulo Coelho ikutan menunjukkan rasa hormat pada Ozil. Dia mengutip kata-kata sang pemain. “Layak dibaca: “Saya imigran saat saya kalah. Apapun yang mereka katakan, Anda tetap,dan akan selalu juara, Ozil,” ujar akun @paulocoelho.

Sebelumnya, Mantan pelatih Bayern Munchen, Ottmar Hitzfeld memberikan komentarnya terhadap penampilan dua t Ozil di Piala Dunia 2018, yang ia nilai tidak layak dan seharusnya tidak dipanggil memperkuat Der Panzer.

 

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

1