Bola Internasional

Fantastis! Ini Jumlah Pemasukan FIFA dari Piala Dunia 2018

Minggu, 29 Juli 2018 08:19 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Yohanes Ishak
© Medium
Ilustrasi logo Piala Dunia 2018 di Rusia. Copyright: © Medium
Ilustrasi logo Piala Dunia 2018 di Rusia.

iNDOSPORT.COM - Tak hanya menarik banyak penonton, Piala Dunia 2018 Rusia ternyata menyumbang pemasukan fantastis mencapai 6,1 miliar USD atau setara Rp87 triliun kepada FIFA selaku penyelenggara.

Dilansir dari Sportskeeda, Piala Dunia kali ini memang mengalami penurunan jumlah sponsor dibandingkan dengan empat tahun lalu di Brasil. Namun tetap memberikan keuntungan maksimal.

Piala Dunia 2018 hanya menerima dana dari sponsor sebesar 1,45 miliar USD atau sekitar Rp 20 triliun. Sementara pada tahun 2014, total sponsor yang diterima FIFA mencapai 1,62 miliar USD atau Rp23 triliun.

Penurunan jumlah sponsor kali ini diprediksi karena adanya tuduhan korupsi yang melanda FIFA dalam periode 2015-18. Ini menyebabkan mereka kehilangan sponsor besar seperti Sony, Johnson dan Castrol.

Selain pendapatan dari sponsor besar dari perusahaan China seperti VIVO, Hisense dan Mengniu, FIFA mendulang banyak keuntungan dari hak siar ke raturan negara yang nilainya mencapai 3 miliar USD atau Rp42 triliun.

FIFA juga memperketat aturan agar tidak ada pembajakan pada konten online yang mereka unggah di YouTube. Sebagian besar pendapatan didapat dari penjualan tiket, pemasaran, dan kegiatan afiliasi lainnya.

Piala Dunia 2018 juga berimbas pada kenaikan harga beberapa komoditas seperti rokok, alkohol dan makanan ringan yang banyak dibeli penonton.

Berikut Jadwal Timnas Indonesia di Asian Games 2018

 

Setelah dikocok ulang, berikut ini jadwal resmi Timnas Indonesia di Asian Games 2018 cabang sepakbola. . Yakin Timnas kita lolos sampe semifinal? #TimnasU23 #GarudaMuda #Indonesia #AsianGames2018 #indosport

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain di INDOSPORT

238