Bola Internasional

Gagal Bawa Inggris Juara di Piala Dunia 2018, Southgate Malah Dapat Kontrak Baru

Kamis, 2 Agustus 2018 08:30 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Yohanes Ishak
© Getty Images
Gareth Southgate, pelatih Timnas Inggris. Copyright: © Getty Images
Gareth Southgate, pelatih Timnas Inggris.

INDOSPORT.COM - Meski gagal memberikan gelar juara Piala Dunia 2018, pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate justru mendapatkan tawaran perpanjangan kontrak.

Ya, Federasi Sepak Bola Inggris, FA akan memperpanjang kontrak pelatih Gareth Southgate setelah berhasil membawa Harry Kane dkk mencapai empat besar Piala Dunia 2018 di Rusia.

Kontrak eks bintang Crystal Palace memang berakhir dua tahun lagi, namun keberhasilan membawa The Three Lions ke empat besar Piala Dunia setelah 28 tahun membuat PSSI-nya Inggris ini memutuskan untuk memperpanjang kontraknya.

Pembahasan kontrak baru akan dilakukan minggu depan karena saat ini sang pelatih yang rompinya menjadi trend busana ini tengah berlibur. 

Chief Executive FA, Martin Glenn mengatakan Inggris masih punya urusan yang belum selesai dibawah Southgate dan Inggris ingin bisa menjadi satu dari empat kekuatan sepak bola dunia.

"Gareth memang hebat. Kami ingin dia bertahan setelah 2020," ujar Glenn kepada Sky Sports.

Saat ditanya mengenai kenaikan gaji, Glenn tidak berkomentar banyak.

© INDOSPORT
Gelandang serang dan pelatih Timnas Inggris, Dele Alli (kiri) dan Gareth Southgate. Copyright: INDOSPORTGelandang serang dan pelatih Timnas Inggris, Dele Alli (kiri) dan Gareth Southgate.

"Intinya masih jauh jika dibandingkan dengan bayaran Liga Primer Inggris. Semua orang tahu itu."

Bagi Glenn, perjalanan Southgate belum selesai dan pastinya akan ada target yang lebih tinggi lagi.

"Perjalanan Gareth masih berlangsung. Dia begitu cinta pada Piala Dunia dan dia membangun keyakinannya sendiri bahwa kami bisa melaju lebih baik dan itu memotivasi dia dan Steve Holland (asisten manajer). Salah satu hal luar biasa yang dia katakan setelah kekalahan atas Kroasia adalah kami belum melakukan tugas kami."

Prestasi Southgate membuat namanya masuk daftar salah satu pelatih terbaik versi FIFA tahun ini, bersama nama-nama seperti Pep Guardiola (Manchester City) dan Zinedine Zidane (saat masih melatih Real Madrid). Namun, pria 48 tahun ini dengan rendah hati mengatakan timnya "belumlah, menjadi salah satu dari empat terbaik dunia."

Southgate menggantikan Sam Allardyce pada November 2016. Setelah membawa Inggris dua kali menang dan dua kali imbang, FA memutuskan mengontraknya secara permanen.

Terus ikuti berita sepak bola dan olahraga terbaru di INDOSPORT

44