Liga Indonesia

Barito Putera Kalah Telak, Jacksen F Tiago Puji Setinggi Langit Persipura

Minggu, 5 Agustus 2018 12:31 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Lanjar Wiratri
© Sudkarwo/INDOSPORT
Pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago bersama Rizky Pora di sesi konferensi pers. Copyright: © Sudkarwo/INDOSPORT
Pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago bersama Rizky Pora di sesi konferensi pers.

INDOSPORT.COM - Faktor mental menjadi alasan terbesar yang diungkapkan pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago ketika anak asuhnya mengalami kekalahan telak 5-1 di kandang Persipura, Sabtu (04/08/18). Barito Putera harus menyerah di tangan Persipura di lanjutan pekan ke-19 Liga 1.

Itu diungkapkannya, mengingat anak asuhnya yang sempat bermain dominan di awal babak pertama. Bahkan Barito Putera unggul lebih dulu lewat gol cepat Samsul Arif, namun harus berbalik mengalami kekalahan mengenaskan.

"Tujuan utama kita menghasilkan poin. Tapi faktor mental sangat mempengaruhi. Ternyata posisi kita di klasemen tidak sebanding dengan permainan karena kita banyak buat kesalahan," ungkap Jacksen usai laga.

Mantan pelatih Persipura ini mengakui Tim Mutiara Hitam punya mental yang sulit ditandingi. Ia pun menilai Persipura masih menjelma sebagai tim berbahaya di Liga Indonesia dengan skuatnya yang berkualitas. 

"Makanya saya bilang Persipura itu levelnya jauh lebih tinggi dari kita, karena mereka punya kualitas yang bagus dan pernah main di level turnamen Asia di Piala AFC," beber Jacksen.

Kekalahan Barito itu membuat posisi mereka bergeser ke peringkat keempat dengan koleksi 29 poin di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia itu. Hasil tersebut membuat klub berjuluk Laskar Antasari itu gagal mengkudeta posisi runner up yang ditempati Madura United dengan 30 poin.