Liga Inggris

Liga Primer Inggris akan Gunakan VAR?

Selasa, 7 Agustus 2018 17:41 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Yohanes Ishak
© Getty Images
Peran VAR di Piala Dunia 2018. Copyright: © Getty Images
Peran VAR di Piala Dunia 2018.

INDOSPORT.com – Teknologi Video Assistant Referee (VAR) telah dipakai dalam ajang Piala Dunia 2018 di Rusia. Kini, Premier League/Liga Primer Inggris mulai menjajaki kemungkinan menggunakan VAR dalam waktu dekat.

Dilansir dari Daily Mail, salah satu wasit asal Inggris, Mark Clattenburg mengungkapkan bahwa butuh waktu bagi Liga Primer Inggris untuk menggunakan VAR.

Teknologi tersebut masih perlu mengalami perkembangan kurang lebih 12 bulan untuk dapat dilibatkan dalam pertandingan Liga Primer Inggris.

Wasit berusia 43 tahun tersebut menginginkan adanya transparansi dalam sistem VAR. Clattenburg ingin penonton juga dapat melihat tayangan ulang sehingga semua dapat menilai kejadian di lapangan.

Untuk itu, Clattenburg mengatakan bahwa Liga Primer Inggris butuh wasit yang berkualitas di lapangan dan di luar lapangan untuk mengawasi VAR. Dengan demikian, mereka akan mendapatkan lebih banyak pengalaman.

Permasalahan besar Liga Primer Inggris musim lalu terletak pada waktu yang diperlukan wasit untuk mengambil keputusan. Pertandingan berlangsung cepat dan ketat sehingga tidak memungkinkan untuk membuang-buang waktu.

Keputusan VAR di Piala Dunia 2018 terasa menghabiskan banyak waktu. Namun demikian, beberapa kasus, seperti keputusan offside yang diberikan kepada Korea Selatan saat mengalahkan Jerman 2-0 membuka mata pengamat sepakbola dan publik terhadap pentingnya VAR.

Jika nantinya telah siap dan lebih transparan, Clattenburg yakin bahwa VAR akan segera digunakan dalam pertandingan Liga Primer Inggris.

 

Duh, itu ga patah tulang om @iamzlatanibrahimovic? 😕😂 #zlatanibrahimovic #minoraiola #indosport

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain Serta Serba-serbi Asian Games 2018 di INDOSPORT