Bola Internasional

Terlibat Kasus Suap, 7 Wasit Asal Ghana Dilarang Bertugas

Rabu, 8 Agustus 2018 22:38 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Birkbeck Sport Business Centre
Ilustrasi Bola dan Uang. Copyright: © Birkbeck Sport Business Centre
Ilustrasi Bola dan Uang.

INDOSPORT.COM - Tujuh wasit asal Ghana diberikan sanksi larangan bertugas oleh Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) karena terlibat dalam kasus penyuapan dalam pertandingan.

Dilansir Inside World Football, salah satu wasit yakni David Laryea diberikan larangan terlibat dalam kegiatan sepak bola manapun seumur hidupnya. Sementara, enam wasit lain mendapat penangguhan selama 10 tahun.

Rekaman kamera tersembunyi dari wartawan Ghana yang menyamar, Anas Aremeyaw Anas yang dirilis pada bulan Juni lalu telah memperlihatkan budaya korupsi dalam sepak bola Afrika.

Laryea sendiri telah dilarang seumur hidup tertangkap kamera menerima uang untuk mengatur hasil pertandingan beberapa waktu lalu.

Keenam wasit lainnya yang mendapatkan larangan 10 tahun yakni Lathbridge Reginald, Nantierre Eric, Fleischer Cecil, Ouedraogo Dawood, Salifu Malik, Akongyam Theresa, dan Wellington Joseph.

Sementara itu, empat belas wasit lainnya dari seluruh Afrika yang diduga terlibat suap sementara menunggu keputusan dari dewan disiplin CAF.

Bulan lalu 11 orang wasit diberi sanksi atas skandal yang sama oleh CAF yang terus mencoba memberantas praktik pengaturan pertandingan, termasuk wasit Kenya, Aden Range Marwa, yang  seharusnya bertugas di Piala Dunia 2018.

10 Cabor Baru di Asian Games 2018

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh INDOSPORT.com (@indosportdotcom) pada

Terus Ikuti Berita Serba-serbi Asian Games 2018 di INDOSPORT.