Bola Internasional

Kroos Kritik Ozil yang Pilih Pensiun dari Timnas Jerman

Kamis, 16 Agustus 2018 14:06 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Lanjar Wiratri
© worldnews.com.ng
Mesut Ozil pasca kekalahan Timnas Jerman di Piala Dunia 2018 Copyright: © worldnews.com.ng
Mesut Ozil pasca kekalahan Timnas Jerman di Piala Dunia 2018

INDOSPORT.COMToni Kroos ikut angkat bicara soal isu rasisme yang sempat menghinggapi mantan rekannya di Timnas Jerman, Mesut Ozil. Seperti diketahui, baru-baru ini Ozil memutuskan pensiun dari Timnas Jerman lantaran merasa sudah tidak diapresiasi oleh publik sendiri.

Pada bulan Juli lalu, melalui akun Twitternya, Ozil mengungkapkan perasaannya melalui  sebuah surat panjang yang terbagi dalam tiga cuitan.

Secara garis besar, Ozil menyesalkan sikap sejumlah pihak termasuk Federasi Sepakbola Jerman, DFB, yang dianggapnya mempertanyakan loyalitasnya terhadap negara lantaran ia memiliki garis keturunan Turki. Menanggapi hal tersebut, Kroos pun memberikan bantahan.

“Dalam pernyataan Ozil, sejumlah perkataan tidak masuk akal. Saya rasa dia tahu bahwa rasisme itu tidak ada di dalam timnas dan bahkan DFB,” kata Kroos seperti dikutip dari Goal.com.

Menurut Kroos, ia dan rekan-rekannya tidak pernah melakukan diskriminasi. Mereka selalu terbuka dan mengapresiasi segala bentuk perbedaan yang ada.

Jika tidak, pastinya Ozil dan sejumlah pemain lainnya tidak akan pernah sampai ke titik kesuksesan seperti sekarang. “Sebaliknya, kami selalu memiliki komitmen terhadap keberagaman dan integrasi. Mesut adalah salah satu contoh yang baik dan begitu pula dengan para pemain kami yang lain,” tambah Kroos.

© web.de
Gelandang Timnas Jerman, Toni Kroos merasa kesal dan sedih negaranya tersingkir dari Piala Dunia 2018. Copyright: web.deGelandang Timnas Jerman, Toni Kroos merasa kesal dan sedih negaranya tersingkir dari Piala Dunia 2018.

Terkait kritik yang sempat menyeruak setelah Ozil berfoto bersama Presiden Turki, Recep Erdogan, Kroos mengakui bahwa hal tersebut memang membawa dampak bagi Ozil. Ditambah lagi, penampilannya bersama timnas Jerman saat Piala Dunia 2018 juga mendapat kritik pedas dari publik.

Kroos pun menyayangkan ketidakmampuan Ozil untuk melalui fase sulit tersebut dalam kariernya.

“Mesut sempat mendapat kritik akibat foto tersebut dan dia kehilangan kesempatan untuk meluruskan segalanya. Meski demikian, dia sebenarnya mendapat sejumlah dukungan, termasuk dari tim. Kemudian dia juga mendapat kritik saat Piala Dunia. Bentuk kritik semacam ini memang biasanya tidak sedap tapi sebagai pemain bukankah Anda harus melaluinya?” pungkasnya.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.
574