In-depth

Mengenal Pendidikan SSB ASAD Jaya yang Terbangkan 5 Pemain Indonesia U-16 ke Eropa

Kamis, 16 Agustus 2018 17:04 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Lima pemain Indonesia U-16 Fajar Faturrahman, Yadi Mulyadi, Hamsa Medari Lestaluhu, Muhammad Talaohu, dan Ahludz Dzikri ternyata mendapat pendidikan khusus dari Sekolah Sepak Bola (SSB) Asli Sepak Bola Anak Desa (ASAD) 313 Jaya Perkasa.

Pasalnya para pemain ASAD 313 Jaya Perkasa tidak hanya latihan sepak bola semata. Melainkan para pesepak bola muda ini juga mendapatkan beberapa mata pelajaran yang diajarkan di sekolah.

Namun porsi yang didapatkan para pemain ASAD 313 Jaya Perkasa tidak penuh seperti anak sekolahan biasa. Melainkan jumlah pelajaran dari sekolah dikurangi menjadi tiga mata pelajaran saja.

Pelajaran yang didapatkan oleh para pemain seperti Fajar Faturrahman, Yadi Mulyadi, Hamsa Medari Lestaluhu, Muhammad Talaohu, dan Ahludz Dzikri adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Agama.

Kurikulum tersebut dicanangkan oleh salah satu pendiri dan pembina serta mantan Bupati Dedi Mulyadi sejak 2013. Dirinya menyebutkan kalau pendidikan ASAD 313 Jaya Perkasa adalah kurikulum sepak bola kultural.

“ASAD ini sekolah khusus sepak bola tetapi lulusannya memiliki ijazah sekolah normal. Mereka tetap belajar pelajaran umum tapi porsi utamanya pelajaran sepak bola," tutur Dedi di Purwakarta, Selasa (14/08/18).