Bola Internasional

Terkuak! Ini Alasan Messi Tak Masuk Nominasi Pemain Terbaik Eropa

Selasa, 21 Agustus 2018 22:26 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Lionel Messi. Copyright: © Getty Images
Lionel Messi.

INDOSPORT.COM - UEFA telah merilis tiga nama yang menjadi nominasi penghargaan pemain terbaik Eropa. Ketiga nama tersebut ialah Luka Modric, Mohamed Salah, dan Cristiano Ronaldo.

Rencananya, pengumuman pemenang penghargaan ini akan dilangsungkan pada 30 Agustus mendatang di Monaco. Pengumumannya berbarengan dengan pemberian penghargaan pemain terbaik wanita.

Melihat ketiga nama di atas, ada satu hal yang cukup menarik.  Ya, pemain Barcelona, Lionel Messi tak masuk ke dalam nominasi.

Berdasarkan perhitungan poin, peraih lima trofi Ballon D'or  itu berada di urutan ke lima. Peringkat Messi bahkan masih di bawah pemain Atletico Madrid, Antoine Griezmann yang musim lalu hanya berlaga di Liga Europa.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, mengapa bisa Messi tak masuk ke dalam nominasi pemain terbaik UEFA? Alasannya sederhana, kiprah pemain Argentina tersebut di Liga Champions musim lalu kurang cemerlang.

UEFA memang melakukan penilaian terhadap para kandidat berdasarkan peforma di satu musim Liga Champions. Messi musim lalu kalah gemilang dari Modric, Salah, dan Ronaldo.

Messi bersama Barcelona hanya melangkah sampai babak perempat final setelah ditaklukan oleh AS Roma. Sementara Modric, Salah, dan Ronaldo berhasil mencapai partai puncak.

Kalau untuk soal jumlah gol, Messi musim lalu hanya membukukan total 6 buah saja. Jumlah itu kalah dari Salah dan Ronaldo yang sukses mencetak torehan dua digit, masing-masing 10 dan 15 gol.

UEFA akan memakai sistem voting untuk menentukan pemenang antara Modric, Salah, dan Ronaldo. Pihak-pihak yang berhak memberikan voting tersebut ialah 80 pelatih di klub yang berpartisipasi di babak grup Liga Champions dan Liga Europa musim 2017/2018, plus 55 jurnalis yang dipilih oleh grup Media Olahraga Eropa (ESM).

Ikuti terus berita sepak bola dan olah raga lainnya di INDOSPORT