Bola Internasional

Ini Sosok di Balik Keberhasilan Vietnam ke 16 Besar Asian Games 2018

Rabu, 22 Agustus 2018 10:18 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© VnExpress
Hang-seo Park pelatih Timnas Vietnam di Asian Games 2018. Copyright: © VnExpress
Hang-seo Park pelatih Timnas Vietnam di Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - Vietnam membuat kejutan saat Timnas Sepak Bola Putra mereka mengalahkan unggulan Jepang 0-1. Ternyata sepakbola Vietnam sudah mengalami kemajuan berarti.

Kemenangan Vietnam di fase grup yang membuat mereka lolos ke 16 besar jelas mengejutkan. Terlebih Jepang adalah satu-satunya negara Asia yang lolos 16 besar Piala Dunia 2018 Rusia dan berada di peringkat 55 FIFA, sementara Vietnam 102.

Sosok pelatih Vietnam Park Hang-seo asal Korea Selatan menjadi orang yang ada di belakang penampilan kinclong Negeri Paman Ho ini di ajang Asian Games 2018.

"Ini laga yang emosional. Semua pemain saya benar-benar fokus dan bisa mencetak gol tunggal lawan Jepang," ujar pelatih 58 tahun ini sebagaimana dilansir Koreatimes.

Bahkan sebelum laga melawan Jepang, Park yakin anak-anak didiknya mampu mengalahkan negara yang pernah meraih emas sepak bola putra dalam Asian Games 2010 Guangzhou..

Park  sepanjang kariernya bermain sebagai gelandang sebelum pensiun pada 1988. Dia sempat melatih beberapa klub Liga Korea Selatan seperti Jeonnam Dragons dan Gyeongnam sebelum ditunjuk sebagai pelatih tim nasional Vietnam tahun lalu.

Dengan kemenangan atas Jepang ini, Vietnam menempati posisi juara grup D setelah sebelumnya mengalahkan Pakistan 3-0 dan Nepal 2-0.

Sepak bola Vietnam sempat melaju ke 16 besar Asian Games dua kali sebelum gagal ke empat besar. Awal tahun ini tim U-23 mereka bisa melaju ke Final AFC U-23 di China (kalah dari Uzbekistan).

Di 16 besar sepakbola Asian Games 2018, Vietnam akan menghadapi Bahrain di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kamis (23/08/18). Sementara Jepang berhadapan dengan Malaysia di Stadion Pakansari, Cibinong, Jumat (24/08/18).

 

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

Ikuti Terus Berita Sport dan Serba-serbi Asian Games 2018 Hanya di INDOSPORT.