Liga Indonesia

Striker Lokal Melempem, Begini Tanggapan Eks Bomber Persib dan Timnas

Rabu, 22 Agustus 2018 05:10 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© INDOSPORT.com
Ilustrasi Logo Liga 1 2018. Copyright: © INDOSPORT.com
Ilustrasi Logo Liga 1 2018.

INDOSPORT.COM - Pemain asing masih mendominasi daftar top skor hingga pekan ke-20 Kompetisi Liga 1 2018. Di antaranya adalah striker Mitra Kukar, Fernando Rodrigues dengan mengoleksi 14 gol, kemudian pemain Persib Ezechiel N'douassel 13 gol dan David da Silva 11 gol.

Sementara itu hanya ada dua striker lokal yang hampir mendekati torehan striker asing, yakni Stefano Lilipaly dari Bali United dan Samsul Arif dari Barito Putera yang sudah mengoleksi 10 gol. 

Mantan striker Persib dan Timnas Indonesia, Zaenal Arief, pun buka suara. Menurut Zainal, minimnya pemain lokal yang bersaing di jajaran top skor tidak lepas dari regulasi pemain asing yang diterapkan pada kompetisi kasta tertinggi sepak bola nasional. 

Setiap tim peserta menurutnya, memanfaatkan kuota pemain asing yang dimiliki untuk mempertajam lini depan dan memperkokoh pertahanan. Sehingga, striker lokal jarang mendapatkan kesempatan bermain. 

"Jadi setiap tim memanfaatkan itu (kuota pemain), jadi yang dicari pasti yang bertahan supaya tidak kemasukan, dan penyerang yang bisa memasukan, perkuatnya di situ," kata Zaenal Arif.