Bola Internasional

Korea Selatan Jadi Kunci Sukses Vietnam di Asian Games 2018

Jumat, 24 Agustus 2018 08:12 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Aksi selebrasi Timnas Vietnam melawan Bahrain di Asian Games 2018. Copyright: © INDOSPORT
Aksi selebrasi Timnas Vietnam melawan Bahrain di Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM – Vietnam tampil heroik saat mampu mengalahkan Jepang 1-0 di cabang olahraga (cabor) sepak bola Asian Games 2018. Ternyata, di balik kegemilangan itu ada campur tangan Korea Selatan (Korsel).

Vietnam hanya negara berperingkat 102 versi FIFA, sementara Jepang jauh di atasnya di urutan 55. Namun demikian, mereka mampu unggul atas tim Negeri Sakura di Asian Games kali ini.

Jepang padahal merupakan satu-satunya negara Asia yang mampu mengirimkan wakil di babak 16 besar Piala Dunia 2018 lalu. Akan tetapi, Vietnam ternyata tidak kalah hebat dengan menjadi runner up Piala Asia U-23 2018 pada Januari lalu.

Dilansir dari Korea Times, ternyata sosok Park Hang-seo ada di balik kesuksesan Vietnam U-23. Pelatih asal Korsel itu mampu mengangkat prestasi Vietnam usia muda di level Asia.

Park ternyata pernah menjabat sebagai asisten pelatih Guus Hiddink di Timnas Korsel saat Piala Dunia 2002. Korsel kala itu mampu menembus hingga babak semifinal.

Pada Asian Games kali ini, ia mampu mengombinasikan pemain senior dengan skuat yang sudah ada sebelumnya. Ia bertekat melakukan apa pun untuk membawa Vietnam memenangkan setiap laga.

“Level permainan para pemain kami begitu baik dan memiliki kekuatan. Saya pelatih Vietnam dan ingin memperjuangkan hasil terbaik bagi tim,” ungkap Park usai mengalahkan Jepang di babak penyisihan Grup D Asian Games 2018.

Vietnam sukses mengalahkan Bahrain di fase 16 besar Asian Games 2018 dengan skor 1-0. Wakil asal Asia Tenggara tersebut bakal bertemu dengan Syria di babak perempatfinal.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain serta Serba-serbi Asian Games 2018 di INDOSPORT

156