Bola Internasional

Sumbang Medali Emas, Tim Sepak Takraw Indonesia Cetak Sejarah di Asian Games 2018

Sabtu, 1 September 2018 17:07 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Lanjar Wiratri/INDOSPORT
Tim Sepak Takraw Indonesia dalam jumpa pers usai mendapat medali. Copyright: © Lanjar Wiratri/INDOSPORT
Tim Sepak Takraw Indonesia dalam jumpa pers usai mendapat medali.

INDOSPORT.COM - Sepak takraw menyumbang medali emas terakhir untuk Indonesia di Asian Games 2018. Pelatih sepak takraw Indonesia, Asry Syam pun mengungkapkan tim sepak takraw Indonesia mencetak sejarah di pesta olahraga terbesar se-Asia tersebut.

Asry menyebut tim sepak takraw Indonesia mempersembahkan medali emas Asian Games 2018 yang diraih untuk seluruh rakyat Indonesia yang telah memberikan dukungan mereka.

Sejarah baru ditorehkan karena ini kali pertama tim sepak takraw Indonesia meraih medali emas dan perak di Asian Games 2018.

"Untuk masyarakat indonesia seluruhnya, dan keluarga saya secara pribadi. Pada segenap insan pemerhati sepak takraw indonesia," ujar Asry di Ranau Hall Jakabaring Sport City, Sabtu (01/09/18). 

"Saya pikir ini sejarah baru untuk permata kalinya bagi sepak takraw Indonesia di Asia Games 2018 mampu masuk dua final, satu perak dan satu emas. Ini membuktikan sepak takraw Indonesia cukup bisa diperhitungkan di negara negara (lain)," tambahnya.

Asry juga mengungkapkan taktik jitu yang mampu membawa Indonesia meraih medali emas Asian Games 2018 usai mengalahkan Jepang.

Menurut Asry, meski timnya sempat lengah di set pertama namun pada akhirnya mereka berhasil bangkit dan mengejar ketertinggalan hingga mengembalikan skor 2-1.

© Lanjar Wiratri/INDOSPORT
Tim Sepak Takraw Indonesia dalam jumpa pers usai mendapat medali. Copyright: Lanjar Wiratri/INDOSPORTTim Sepak Takraw Indonesia dalam jumpa pers usai mendapat medali.

"Nah strategi di set awal memang lengah karena ada perubahan taktik dari jepang. Di penyisihan mereka menggunakan taktik 2 sayap bertahan di belakang. Tapi di final mereka menggunakan 3 sayap," beber Asry.

"Jadi di set awal kita kelengahan, dan memadukan serangan variasi kanan kiri. Di set awal kita lengah pertahanan, diblok harus berebut bertiga. Jadi di set kedua, harus menghindarkan blok 3, tetapi kita blok satu-satu double tunggal kanan kiri," beber Asry.

Sebagai informasi, bertanding di final nomor Men's Quadrant, Indonesia berhadapan dengan Jepang. Indonesia sebenarnya tertinggal 0-1 di set pertama. Namun Saiful Rijal dkk berhasil bangkit dan menang 21-14 di set kedua untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Di set penentuan, Indonesia sempat unggul 3-0 sebelum Jepang menyamai perolehan poin menjadi 3-3. Tapi semangat Husni Uba dan para koleganya yang didukung ribuan penonton membuat Indonesia memimpin hingga 12-5. 

Jepang sempat membuat penonton deg-degan saat mengejar ke poin 20-16. Namun akhirnya Indonesia berhasil mengunci kemenangan sekaligus medali emas saat skor 21-16. 

Indonesia Raih Medali Emas Asian Games ke-31 dari Sepak Takraw

 

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

Ikuti Terus Berita Olahraga dan Asian Games 2018 hanya di INDOSPORT