Liga Indonesia

Soal Larangan Striker Asing di Liga 1, Legenda Persebaya: Itu Tidak Tepat

Rabu, 5 September 2018 02:38 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Rafif Rahedian
 Copyright:

INDOSPORT.COM – PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah mewacanakan regulasi mengenai larangan penyerang asing di kasta tertinggi sepak bola Tanah Air pada musim depan.

Keputusan ini pun menuai pro dan kontra dari berbagai tanggapan dari berbagai pihak. Karena rencana regulasi tersebut terbilang tidak masuk akal. Namun di sisi lain, itu cukup baik untuk perkembangan striker lokal.

Pelatih Barito Putera, Jacksen F Thiago pun akhirnya angkat bicara mengenai rencana LIB tersebut. Pria yang sempat bermain dengan Persebaya Surabaya ini mengaku tidak setuju dengan regulasi ini.

"Kalau saya sebenarnya merasa larangan penyerang asing di Liga 1 musim depan, tidak tepat. Bukan karena regulasi itu buruk, tapi larangan keberadaan pemain asing itu dampaknya akan terlihat di kompetisi internasional," ujarnya kepada INDOSPORT.

© INDOSPORT/Annisa Hardjanti
Pelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago. Copyright: INDOSPORT/Annisa HardjantiPelatih Barito Putera, Jacksen F. Tiago.

"Begitu tim Indonesia tampil di AFC, mereka akan berhadapan dengan klub-klub luar negeri, pasti mereka mengalami kesulitan, karena pemain asing tidak ada di situ."

Jacksen sendiri lebih setuju jika LIB kembali mengembalikan regulasi mengenai peraturan pemain U-23 di musim depan. Seperti yang diketahui, LIB sempat memberikan aturan kepada klub Liga 1 untuk memainkan pemain U-23 pada musim lalu.

"Namun kalau saya cenderung peraturan U-23 dikembalikan lagi, daripada melarang satu hal itu (aturan striker asing). Karena itu nanti akan penting terhadap prestasi mereka di kompetisi level internasional," tutupnya.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

71