Bola Internasional

Gara-gara Song Heung-min, Bintang Korsel Ini Berencana Pensiun

Senin, 10 September 2018 20:25 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Ki Sung-yueng saat berseragam Timnas Korsel. Copyright: © INDOSPORT
Ki Sung-yueng saat berseragam Timnas Korsel.

INDOSPORT.COM - Gelandang Newcastle United, Ki Sung-yueng, tidak membantah bahwa dirinya masih memiliki keinginan untuk mundur dari Timnas Korea Selatan setelah perhelatan Piala Dunia 2018. Ia pun mengaku sempat mendapat bujukan dari Paolo Bento untuk terus bermain.

“Niat saya tidak berubah dan saya telah mengungkapkannya kepada pelatih yang baru,” kata Ki kepada Joongang Daily.

Ki mengatakan bahwa salah satu alasannya untuk pensiun dari Timnas adalah ingin memberikan ruang bagi para pemain muda lainnya. Ki merasa di usianya saat ini ia sudah mulai kesusahan mengatur jadwalnya, terlebih lagi karena saat ini sedang merantau jauh dari rumah.

“Bermain di klub luar negeri membuat saya tertekan jika harus terus bepergian. Ini bukan soal kondisi fisik saya. Saya hanya merasa tidak yakin dapat mendedikasikan 100 persen waktu saya bersama Timnas. Saya pun telah mendiskusikan hal ini dengan beberapa pemain senior,” ujarnya lagi.

Ki mengatakan bahwa Bento telah memintanya tinggal untuk semetara waktu. Eks pemain Swansea tersebut pun menyanggupi permintaan sang pelatih namun tidak dapat menjanjikan banyak hal lantaran ia masih kekeh dengan keputusannya.

“Bento memberi tahu saya untuk tetap bermain bersama Timnas. Jika memang Timnas membutuhkan saya, saya pasti akan bermain, paling tidak sampai Piala Asia,” ucap Ki.

Selain itu, Ki merasa waktunya di Timnas sudah semakin sedikit setelah memberikan ban kapten kepada Son Heung-min.

“Saya merasa lega telah menyerahkan ban kapten kepadanya. Saya sudah bilang kepada pelatih bahwa Son Heung-min adalah pilhan yang tepat. Timnas butuh seseorang yang dapat mewakili negara seratus persen. Saya hanya butuh membimbingnya,” pungkasnya.

Terus Ikuti Berita Olahraga dan Perkembangan Sepak Bola Internasional Hanya di INDOSPORT.