Bola Internasional

3 Persamaan Miris Sepak Bola Indonesia dan Mauritius

Selasa, 11 September 2018 12:19 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© INDOSPORT
Tiga persamaan miris yang pernah menimpa persepakbolaan Indonesia dan Mauritius. Copyright: © INDOSPORT
Tiga persamaan miris yang pernah menimpa persepakbolaan Indonesia dan Mauritius.

INDOSPORT.COM – Pada Selasa (11/09/18) sore nanti, pecinta sepak bola Tanah Air akan kembali dimanjakan oleh pertandingan uji coba internasional antara Indonesia vs Mauritius di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang.

Pertandingan ini pun nampaknya cukup dinanti-nantikan oleh suporter Indonesia yang sudah cukup lama tidak menyaksikan Timnas senior bermain di atas lapangan. Mengingat, rakyat Indonesia hanya menyaksikan Timnas U-16 dan U-23 berlaga dalam beberapa bulan ini.

Berdasarkan sejumlah catatan, Mauritius juga senasib dengan Indonesia yaitu pernah dijajah perusahaan dagang Belanda Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) di awal abad 16-an. Pulau ini sudah sering didatangi oleh kapal-kapal Belanda. 

Belanda juga sempat memberi nama beberapa wilayah di Mauritius dengan nama orang penting mereka seperti  Gubernur Jenderal Pieter Both yang berkuasa (1568-1615).

VOC bahkan membawa tanaman gula (tebu) dari Jawa. Namun, Belanda juga menghabisi spesies lokal seperti burung dodo dan kura-kura raksasa untuk memperoleh makanan, dan membawa spesies hama seperti tikus yang terbawa dari kapal VOC.

Terlepas dari hal itu, nyatanya Indonesia dan Mauritius memiliki beberapa persamaan khususnya dalam urusan sepak bola. Namun persamaan itu bukan dalam prestasi, melainkan kejadian-kejadian miris yang pernah menimpa kedua negara tersebut.

Berikut INDOSPORT mencoba untuk merangkum 3 persamaan miris yang pernah menimpa persepakbolaan Indonesia dan Mauritius. 

79