Bola Internasional

Jadi Pesepak Bola, Usain Bolt Dinilai Cocok Jadi Bek

Kamis, 13 September 2018 13:22 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Sportsnet
Usain Bolt jalani debut sebagai pesepakbola profesional bersama Central Coast Mariners. Copyright: © Sportsnet
Usain Bolt jalani debut sebagai pesepakbola profesional bersama Central Coast Mariners.

INDOSPORT.COM - kabar terbaru datang dari mantan sprinter tercepat di dunia, Usain Bolt yang kini memutuskan untuk berkarier sebagai pesepak bola profesional.

Bahkan atlet berusia 32 tahun tersbut sempat melakoni sejumlah pelatihan di berbagai klub besar, salah satunya dengan klub peserta Liga Jerman, Borussia Dortmund beberapa bulan lalu.

Kini, pelari yang sukses memecahkan beberapa rekor dunia di lintasan lari tersebut tengah bergabung dengan tim Australia, Central Coast Mariners dan masih dalam masa uji coba.

Pemain asal Jamaika itu berhasil mencatatkan debutnya di klub peserta A-League itu, saat timnya melakoni laga persahabatan melawan Central Coast Select XI bulan lalu. Ia masuk pada babak kedua dan menempati posisi sayap saat timnya menang dengan skor 6-1.

Dari laga tersebut, mantan pelatih Timnas Spanyol, Vicente Del Bosque menilai jika Bolt akan bersinar dan menjadi pemain yang lebih baik jika mengisi posisi full-back daripada pemain sayap.

"Tanpa ragu sebagai full-back, dengan punggungnya menghadap ke arah penonton dan garis pinggir lapangan, di situlah dia akan sangat berguna," kata Del Bosque seperti di lansir dari Olympic Channel. 

Meski dapat berkembang sebagai pesepak bola, namun Del Bosque menilai jika Bolt harus berusaha lebih keras untuk mengasah kemampuan dasarnya di lapangan hijau, mengingat usianya yang tak normal untuk memulai karier sepak bola.

"Untuk mulai bermain sepak bola profesional pada usia 32 tidak normal. Bagian yang paling sulit adalah untuk memperoleh keterampilan teknis yang Anda butuhkan untuk bermain. Kontrol, passing, dribbling, sentuhan yang bagus pada bola, keterampilan yang biasanya Anda lakukan sejak kecil," tambah Del Bosque.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.