Liga Indonesia

Pelatih Barito Ungkap Kiat Sukses 'Bungkam' PSM Makassar

Kamis, 13 September 2018 22:48 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Meski diserang bertubi-tubi, tim Barito Putera sukses mencuri satu poin dari PSM Makassar di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging, Kamis (13/09/18).

Pelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago, menjelaskan alasan keberhasilan timnya meredam serangan demi serangan Pasukan Ramang. 

Selain latihan taktik dan straregi selama hampir satu bulan di Pulau Dewata, Jacksen mengaku jika selama ini ia melakukan metode yang lain dari pada yang lain.

Misalnya mengajak beberapa pemain untuk berdiskusi dengan staf pelatih. Hal itu dimaksudkan guna menjaga suasana harmonis dalam tim. 

"Hampir setiap hari kami berdiskusi untuk menyamakan visi menghadapi Makassar. Evaluasi secara detail pun dilakukan. Sehari sebelum pertandingan, saya meminta perwakilan pemain untuk melakukan diskusi kecil dengan tim pelatih," ujarnya Kamis (13/09/18).

Pelatih berpaspor Brasil yang sudah malang melintang di dunia sepakbola Indonesia ini mengaku mengajak beberapa pemain penting Laskar Antasari seperti Rizky Pora, Aditya Harlan dan Rizky Pora ntuk memberi masukan dalam proses menyiapkan taktik dan strategi.

"Mungkin dengan cara ini, pemain saya merasa nyaman dan bertanggung jawab dengan hasil yang akan dicapai tim. Sekali lagi, hasil ini berkat kerja tim," jelasnya.