Liga Inggris

Bukan Mourinho, Sosok Ini Seharusnya Gantikan Alex Ferguson di Man United

Jumat, 14 September 2018 01:09 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Prio Hari Kristanto
© Getty Images
Ryan Giggs saat menjadi pelatih interim di Man United. Copyright: © Getty Images
Ryan Giggs saat menjadi pelatih interim di Man United.

INDOSPORT.COM - Berbicara tentang Manchester United,  tentu harus membahas reputasi klub tersebut di bawah Sir Alex Ferguson di era Liga Primer. 

Manajer legendaris asal Skotlandia benar-benar membangun Setan Merah dari klub yang punya masalah disiplin menjadi salah satu klub yang disegani di Inggris dan dunia.

Menangani klub selama 27 tahun dengan segala tantangannya tentu tidak mudah dan wajar saja siapa pun manajer Setan Merah harus siap dibandingkan dengan pria 77 tahun tersebut.

Man United berubah drastis setelah Fergie memutuskan pensiun. David Moyes sempat menggantikan Ferguson namun gagal total dan eks manajer Everton itu pun dipecat.

Louis van Gaal masuk pada tahun 2014 dan dipecat dua tahun kemudian. Kemudian, masuklah Jose Mourinho mulai musim 2016/2017.

Memasuki musim ketiga, pelatih asal Portugal ini tengah berjuang mengembalikan Setan Merah ke masa jaya saat masih bersama Fergie.

Menurut mantan pelatih Manchester United era Fergie, Rene Meulensteen, sosok Ryan Giggslah yang seharusnya ditunjuk sebagai pelatih utama menggantikan Fergie sehingga transisi menjadi lebih mudah.

"Di United, ada stabilitas dan keberlanjutan. Ferguson, David Gil, dan keluarga Glazer. Semua bekerja begitu teratur seperti jam," papar pria Belanda tersebut kepada Evening Standard.

Giggs yang awalnya kurang tertarik jadi pelatih akhirnya beralih menjadi pelatih juga seperti kebanyakan pemain bola yang memutuskan pensiun. Menurut Meulensteen, pria asal Wales tersebut mengambil lisensi kepelatihan dan dia cocok melatih Setan Merah karena dia orang lama yang sudah tahu luar dalam klub itu.

Giggs pernah menjadi pelatih sementara di mantan klub yang membesarkan namanya tersebut sebelum Louis van Gaal tiba,

Bagaimana dengan Mourinho? Meulensteen beranggapan pelatih Portugal tersebut orang yang pragmatis, penuh perhitungan dan teratur sementara Manchester United butuh lebih banyak tantangan ketimbang saat ini.

"Mourinho sosok pragmatis, perhitungan, dan semua sudah bisa ditebak."

Masalah membawa pelatih dari luar sebenarnya tak ada masalah jika sosok itu memang dianggap setara dan pengalaman menangani klub-klub papan atas dengan segala tekanannya (serta paham warisan Fergie selama 27 tahun). Bagi Meulesnteen, Moyes tidak masuk dalam kriteria ini.

"Moyes tidak pernah bermain atau melatih di level setara," tambah pelatih yang baru saja berhenti dari klub India tersebut.