Liga Champions

3 Fakta Tak Terduga Felix Brych, Wasit yang Kartu Merah Ronaldo

Kamis, 20 September 2018 16:11 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© SL Benfica
Felix Brych, wasit pemberi kartu merah ke Cristiano Ronaldo di Liga Champions 2018/19 vs Valencia. Copyright: © SL Benfica
Felix Brych, wasit pemberi kartu merah ke Cristiano Ronaldo di Liga Champions 2018/19 vs Valencia.

INDOSPORT.COM - Nama Felix Brych menjadi buah bibir setelah melakukan tindakan tegas ketika menjadi pengadil di pertandingan Liga Champions musim 2018/19 antara Valencia vs Juventus, Kamis (20/09/19).

Ia mengusir bintang Bianconeri, Cristiano Ronaldo. Wasit Felix Brych memberikan kartu merah di menit ke-30 setelah Ronaldo diklaim menarik rambut bek Valncia, Jeiso Murillo.

Hukuman itu selain membuat pemain 33 tahun itu disuir dari lapangan, itu juga menjadi kartu merah pertama di sepanjang karier CR 7 di Liga Champions.

Sosok Felix Brych sendiri bukan sosok asing di dunia sepak bola. Ia kerap memimpin laga internasional baik kompetisi klub di Eropa ataupun antar negara di Dunia. Ia juga menjadi satu-satunya wakil wasit asal Jerman di Piala Dunia 2018.

Selain itu, berikut INDOSPORT menyajikan tiga hal yang perlu diketahui dari wasit Felix Brych.

1. Wasit berkebangsaan Jerman

Felix Brych lahir di Munchen, 2 Agustus 1975. Ia terdaftar sebagai wasit DFB (federasi sepak bola Jerman) saat usianya 24 tahun. Kariernya terbilang cepat, dua tahun kemudian ia langsung ditugaskan untuk memimpin pertandingan di Busdesliga 2 atau kasta kedua Liga Jerman. 

Tiga musim memimpin di Busdesliga Jerman, ia mendapat kehormatan naik level ke Bundesliga Jerman pada 2004. Sejak saat itu, Felix Brych memimpin pertandingan di kasta tertinggi sepak bola Jerman hingga sekarang.

2. Kaya pengalaman

Setelah sukses di Jerman, Felix Brych terdaftar sebagai wasit internasional sejak 2007. Masih berusia 43 tahun, total 11 tahun sudah ia memimpin pertandingan di penjuru dunia. Selama kariernya, ia telah memimpin banyak pertandingan bergengsi seperti Liga Champions dan Piala Dunia.

Pertandingan internasional pertamanya adalah ketika memimpin pertandingan antara Rumania kontra Luksemburg di kualifikasi Grup G Piala UEFA 2008.

Pertandingan paling bergangsi yang pernah dirinya pimpin antara lain final Liga Eropa UEFA 2014 antara Sevilla dan Benfica dan Final Liga Champions 2017 yang mempertemukan antara Juventus dan Real Madrid.

3. Bergelar Doktor Hukum

Kemampuan Felix Brych dalam pengetahuan peraturan tak hanya berlaku di lapangan. Di luar sepak bola Brych adalah seorang doktor hukum yang berkualitas. Dirinya menulis gelar doktornya tantang olahraga.

Selain itu, Felix Brych memiliki hobi lain selain olahraga, yakni mengerjakan hal-hal berbau musik.

Terus Ikuti Berita Olahraga dan Perkembangan Terbaru Seputar Sepak Bola Liga Champions Hanya di INDOSPORT.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
25%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
25%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
25%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
25%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%