Bola Internasional

Jejak Kontroversial Felix Brych, Wasit Pemberi Kartu Merah Ronaldo di Liga Champions

Kamis, 20 September 2018 08:08 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Lanjar Wiratri
© Getty Images
Felix Brych wasit pemberi kartu merah Cristiano Ronaldo. Copyright: © Getty Images
Felix Brych wasit pemberi kartu merah Cristiano Ronaldo.

INDOSPORT.com – Debut Cristiano Ronaldo di Liga Champions 2018/19 bersama Juventus ternoda oleh kartu merah.

Wasit Felix Brych memberikan kartu merah di menit ke-29 usai eks pemain Real Madrid itu menarik rambut bek Valencia, Jeison Murillo. Kartu merah kontroversial tersebut merupakan yang pertama dalam sepanjang karier Ronaldo di Liga Champions.

Sosok pengadil di lapangan lantas menjadi kambing hitam atas keputusan tersebut. Brych ternyata tidak hanya kali ini melakukan kontroversi dalam mengambil keputusan. 

Wasit asal Jerman itu pernah memberikan kartu merah kontroversial kepada Nemanja Vidic di ajang Liga Champions 2011 saat Manchester United menghadapi Otelul Galati di babak penyisihan grup G.

Brych juga memimpin pertandingan leg 1 Chelsea vs Barcelona dalam ajang Liga Champions 2012. Dalam laga tersebut, Chelsea berhasil meraih kemenangan tipis dengan skor 1-0.

Saat menjadi pengadil di final Liga Europa 2013/14 antara Sevilla vs Benfica, ia dianggap lebih condong dan menguntungkan pihak Sevilla. Klub asal Spanyol itu akhirnya meraih juara melalui babak adu penalti.

Brych menjalani debut menjadi wasit pada 2004 di kompetisi Bundesliga Jerman. Ia mendapatkan gelar wasit FIFA pada 2007 dan memimpin pertandingan internasional pertamanya di tahun yang sama.

Di Piala Dunia 2018 lalu, Brych memimpin pertandingan antara Serbia vs Swiss. Pada pertandingan tersebut, Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri melakukan selebrasi kontroversial yang berbau politis.

Di luar aktivitasnya di lapangan hijau, wasit berusia 43 tahun itu ternyata merupakan seorang doktor di bidang hukum. Ia menulis mengenai olahraga saat meraih gelar doktornya tersebut.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Liga Champions di INDOSPORT

6