Liga Spanyol

Presiden Barcelona: Neymar dan Ronaldo Bikin La Liga Terpuruk

Kamis, 20 September 2018 13:39 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Neymar dan Cristiano Ronaldo. Copyright: © Getty Images
Neymar dan Cristiano Ronaldo.

INDOSPORT.com – Kepergian Neymar dan Cristiano Ronaldo dari dua klub raksasa Spanyol membuat La Liga lebih lemah dari sebelumnya, demikian menurut Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu.

Neymar memutuskan bergabung dengan klub Paris Saint-Germain dari Barcelona pada musim panas 2017 dalam sebuah rekor transfer. Cristiano Ronaldo kemudian menyusul satu tahun kemudian untuk mengabdikan diri di Serie A Italia bersama Juventus.

Kepergian dua superstar tersebut cukup mengejutkan para penggemar sepak bola Spanyol, di susul dengan dampak La Liga tidak menunjukkan kekuatannya seperti dulu, dimana hal tersebut diyakini oleh Josep Bartomeu.

“(Presiden Juventus) Andrea Agnelli telah melakukan kesepaktan fantastis. Saya menyesal La Liga telah kehilangan bintangnya, yang kedua dalam dua tahun setelah Neymar,” kata Bartomeu kepada La Gazzetta dello Sport.

“Ini (berdampak) buruk bagi sepak bola kami, dan saya tidak tertarik dengan fakta Real bisa lebih lemah karena kami menginginkan sepak bola terbaik dimainkan di sini. Itulah satu-satunya cara Anda bisa bersaing dengan Liga Primer Inggris, yang terkaya,” lanjutnya.

Fakta lainnya mengatakan bahwa kedatangan Ronaldo di Italia, mendukung Juventus menjadi penantang lebih besar di Liga Champions. Hal ini juga terjadi pada Neymar yang semakin cemerlang di Paris.

“Ronaldo tidak hanya meningkatkan level Juventus, tetapi seluruh sepak bola Italia, dan selama Liga Champions berlangsung, saya setuju dengan (Lionel) Messi bahwa Juve, dengan Ronaldo, menjadi kandidat yang lebih kuat untuk memenangkannya,” Bartomeu menjelaskan.

“Saya tidak berpikir bahwa PSG tidak pernah berkomunikasi dengan Neynmar sebelum mereka membayar klausul pelepasannya. Bagaimana Anda lolos dari kemunafikan ini?”

Real Madrid dan Barcelona saat ini mulai berjuang dengan kekuatan mereka sendiri tanpa sosok superstar. Beruntung Barcelona masih diperkuat oleh Lionel Messi, dan sukses menghempaskan PSV 4-0 dalam laga pembuka Liga Champions 2018/19.

Sementara Real Madrid, juga berhasil meraih kemenangan meyakinkan 3-0 atas wakil Italia, AS Roma pada Kamis (20/09/18) dini hari WIB tadi.

Terus Ikuti Berita Olahraga dan Sepak Bola Liga Spanyol Hanya di INDOSPORT.