Bola Internasional

Main di Malaysia, Kapten Timnas Indonesia U-16 Sedih karena Hal Ini

Minggu, 23 September 2018 16:03 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© jurnal34news
Kapten penggawa Timnas U-16, David Maulana (kiri). Copyright: © jurnal34news
Kapten penggawa Timnas U-16, David Maulana (kiri).

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-16 selalu menjadi perbincangan hangat bagi seluruh masyarakat Indonesia hingga dunia, terutama dalam dua tahun terakhir.

Rentetan prestasi memukau yang dicapai oleh Garuda Asia-lah yang membuat mereka terus diperbincangkan. Mulai dari juara Piala U-16 Tien Phong Plastic 2017 di Vietnam.

Lalu berlanjut menjadi yang terbaik di turnamen sepak bola remaja U-16 JENESYS Jepang-ASEAN 2018. Indonesia U-16 mampu menaklukkan tim tuan rumah, Jepang dan juga tim kuat Vietnam masing-masing dengan skor 1-0.

Pada bulan Juli-Agustus, penampilan Indonesia U-16 kembali cemerlang. Pasalnya untuk pertama kalinya, Indonesia mampu menjadi yang terbaik dalam ajang Piala AFF U-16 pada Juli-Agustus lalu.

Tak hanya itu, dalam Kualifikasi Piala U-16 Asia 2018 September lalu, Indonesia yang tergabung di Grup G, dengan hebatnya mampu meraih empat kemenangan dari empat pertandingan.

Terbaru, Indonesia U-16 yang saat ini sedang berjuang di Piala Asia U-16, memulai petualangannya dengan sangat baik. Mereka berhasil mengalahkan tim kuat Asia, Iran U-16 dengan skor meyakinkan 2-0.

Di balik keperkasaan Timnas U-16 itu tentu tak lepas dari seorang pemimpin atau kapten tim. Karena seorang kapten memiliki peranan penting dalam memimpin pertandingan selama berada di lapangan.

Dan kapten Timnas U-16 itu bernama David Maulana. Gelandang berusia 15 tahun ini merupakan pemain lugas dan tak ragu meski kadang lawan menawarkan adu fisik nan keras.

Visi bermainnya pun oke, ditambah kemampuan kaki kiri yang mumpuni. Namun siapa sangka, di balik semua itu, David  diketahui saat ini tengah sedih karena sifatnya yang selalu merindu, baik itu kepada temannya maupun keluarganya.

© INDOSPORT/Kesuma Ramadhan
David Maulana dan ayahnya. Copyright: INDOSPORT/Kesuma RamadhanDavid Maulana dan ayahnya.

"Kalau jauh dari rumah, saya selalu merindukan keluarga. Selalu ingat suasana di kampung," ujar David seperti dikutip dari Antara.

David memang seorang pesepak bola yang harus rela hidup jauh dari orang tua, jauh dari teman-teman karib di sekitar rumahnya di Kelurahan Sei Rotan, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Namun, alih-alih tersungkur, kondisi tersebut justru membuat mentalnya terasah.

Hal itu terbukti dengan dipilihnya David menjadi kapten Timnas U-16 oleh Fakhri Husaini serta menjadi pemain terbaik dalam turnamen U-16 JENESYS Jepang-ASEAN 2018.

Kini, David bersama Timnas U-16 selanjutnya akan melakoni pertandingan kedua di Grup C Piala Asia U-16 2018 dengan menghadapi Vietnam pada Senin (24/09/18) di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia.

Jelang laga tersebut, pemain jebolan PPLP Medan ini mengaku ia dan timnya optimis. David pun tak lupa meminta dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia.

"Kami selalu optimistis menang, tetapi tidak ingin terlalu percaya diri. Mohon doa dan dukungan dari masyarakat Indonesia," tutur penggemar gelandang klub Spanyol Real Madrid, Luca Modric ini.

Penulis: Dimas Ramadhan Wicaksana

Ikuti Update Terbaru Jadwal Piala Asia U-16 2018 dan Perkembangan Timnas Indonesia U-16 di INDOSPORT.COM