Liga Indonesia

Persipura Jayapura Pecat Pelatih Kepala Asal Brasil

Selasa, 25 September 2018 17:47 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Isman Fadil
© Sudjarwo/INDOSPORT
Oswaldo Lessa saat mendampingi timnya berlatih di Stadion Mandala. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Oswaldo Lessa saat mendampingi timnya berlatih di Stadion Mandala.

INDOSPORT.COM - Kompetisi Liga 1 2018 yang hanya menyisakan 11 pertandingan sisa membuat manajemen Persipura Jayapura mengambil keputusan cepat untuk mengevaluasi performa kurang memuaskan di beberapa laga terakhir.

Keputusan tersebut menyudahi kerjasama dengan duo Brasil yakni pelatih kepala, Amilton Silva de Oliveira dan juga analisis teknik, Fabio Oliveira.

Asisten manajer Persipura, Bento Madubun, menjelaskan manajemen sudah menyepakati pengunduran diri kedua pelatih tersebut berdasarkan pertemuan untuk melakukan evaluasi tim yang dihadiri Direktur Utama Persipura, Herat Kalengkongan, Sekretaris Umum, Rocky Bebena dan beberapa pemain.

"Dari rapat itu kemudian pelatih memilih mengundurkan diri lantaran situasi dalam tim. Pelatih berfikir bahwa situasi sudah tidak sesuai dengan yang mereka harapkan dan tidak berjalan sebagaimana mestinya. Kalau sudah seperti itu lantas dipertahankan, maka akan jauh lebih buruk lagi," ungkap Bento kepada sejumlah wartawan di Jayapura, Selasa (25/09/18).

Bento menuturkan, karena merasa tim sudah tak harmonis, Amilton lantas memilih untuk mundur, dan keinginan tersebut diikuti oleh kompatriotnya, Fabio.

"Sejak kemarin pelatih sudah mengundurkan diri, tapi belum ada keputusan, nah sekarang baru ada kejelasan setelah kita lakukan rapat. Kita melepas mereka karena mereka mengundurkan diri," jelasnya.

"Dasarnya, kita juga hati-hati sekali karena tim masih harus bertanding di beberapa laga. Mereka yang berfikir bahwa mereka sebenarnya sudah tidak bisa lagi bertahan. Kita sebenarnya sulit untuk mempertahankan, tapi kita serahkan ke pelatih, kalau hatinya sudah tidak bisa bertahan, kita harus mengambil sikap juga," lanjutnya.

Meski sudah mengambil keputusan, namun Bento mengatakan jika pergantian pelatih Persipura tidak lantas menjamin timnya akan tampil lebih baik. Justru hal tersebut juga akan menjadi bahan pertimbangan untuk melihat performa Persipura kedepannya.

"Ini tidak mesti juga jika kita mengganti pelatih lalu akan berubah permainan kita jadi lebih baik. Itu bukan jaminan juga," kata Bento.

Sementara itu, Bento menambahkan jika kursi pelatih sementara akan dihuni oleh asisten pelatih Persipura Jayapura, Oswaldo Lessa yang akan bertugas didampingi Lydio Souza dan juga Alan Haviludin.

"Untuk sementara tim akan diambil alih oleh Lessa dan juga kita akan lihat performa tim nantinya. Ini juga akan menjadi beban kita, karena kita harus bertandang ke Borneo FC. Tetapi para pemain tetap profesional dan mereka juga bisa termotivasi lagi dan bisa mengejar apa yang diobsesikan," pungkasnya.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

87