Bola Internasional

Menilik Jatah Piala Dunia U-17, Indonesia Punya Peluang Besar

Jumat, 28 September 2018 09:40 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Yohanes Ishak
© Abdurrahman Ranala/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia U16. Copyright: © Abdurrahman Ranala/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia U16.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-16 berhasil meraih hasil positif di babak penyisihan grup Piala Asia U-16 usai memastikan satu tiket lolos ke babak perempat final.

Hasil tersebut membuat skuad arahan Fakhri Husaini berepeluang besar tampil di Piala Dunia U-17 yang akan digelar pada tahun 2019 mendatang.

Meski belum pasti dapat berpartisipasi, namun jika melihat jatah yang diberikan Federasi Sepak Bola Dunia, yakni FIFA kepada masing-masing benua dan berkaca dari performa di Piala Asia tahun ini, Garuda Asia memiliki kesempatan cukup besar.

Pada ajang Piala Dunia U-17 nanti, terdapat 24 negara dari perwakilan enam benua yakni benua Eropa, Asia, Amerika Selatan & Utara, Afrika, dan Oceania yang berhak tampil di Peru.

Dari keenam benua tersebut, Eropa dan Amerika Selatan menjadi penyumbang negara terbanyak yaitu 5 negara untuk masing-masing konfederasi.

Oceania menjadi federasi yang paling sedikit, dengan hanya menyumbang dua wakil yakni Kepulauan Solomon dan Selandia Baru, usai keduanya menjadi finalis Piala Oceania U-17 2018.

© Abdurrahman Ranala/INDOSPORT
Penggawa Timnas U-16 berseluncur di lapangan. Copyright: Abdurrahman Ranala/INDOSPORTPenggawa Timnas U-16 berseluncur di lapangan.

Sedangkan di Asia, Amerika Utara, dan Afrika FIFA hanya memberikan empat jatah dan untuk AFC akan dipilih dari para semifinalis di gelaran Piala Asia U-16 yang saat ini tengah berlangsung.

Mimpi Indonesia untuk dapat tampil di Piala Dunia pun dapat terwujud, jika dalam babak perempat final nanti Bagus kahfi dan kolega mampu meraih kemenangan dan melenggang ke semifinal.

Jika hal tersebut terjadi, maka meskipun gagal menjadi juara di Piala Asia U-16 pun lagu kebangsaan Indonesia Raya tetap akan berkumandang di Peru, tempat berlangsungnya Piala Dunia U-17 tahun depan. 

Ikuti Update Terbaru Jadwal Piala Asia U-16 2018 dan Perkembangan Timnas Indonesia U-16 di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
60%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
15%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
3%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
8%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
3%
IDS Emoticon Takut
Takut
5%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
3%
IDS Emoticon Marah
Marah
5%