Liga Indonesia

Dipanggil ke Timnas, Begini Respons Bek PSM Makassar

Sabtu, 29 September 2018 11:47 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Media Persebaya
Bek PSM Makassar, Abdul Rahman berusaha merebut bola dari Ricky Kayame. Copyright: © Media Persebaya
Bek PSM Makassar, Abdul Rahman berusaha merebut bola dari Ricky Kayame.

INDOSPORT.COM - Bek andalan PSM Makassar, Abdul Rahman Sulaiman dipanggil membela Timnas Indonesia dalam dua laga Internasional FIFA Match Day. Pertama melawan Myanmar, Rabu (10/10/18) dan Hongkong, Selasa (16/10/18) nanti.

Uji coba ini dilaksanakan sebagai rangkaian persiapan Timnas Indonesia menghadapi Piala AFF 2018 yang bakal bergulir November mendatang.

Pelatih sementara Timnas Indonesia, Bima Sakti dan Danurwindo memberikan kepercayaan kepada Abdul Rahman untuk mengawal lini pertahanan Tim Garuda Asia.

"Ya tentu saja senang. Saya dapat informasi pertama kali dari pelatih Bahar (asisten pelatih PSM). Katanya dia ditelepon oleh coach Bima Sakti dan Danurwindo," ungkap Rahman saat dihubungi INDOSPORT, Sabtu (29/09/18).

Abdul Rahman bakal bersaing di posisi stopper dengan pemain-pemain yang lebih muda seperti Hansamu Yama dan Fachruddin. 

Meski demikian, Rahman menegaskan jika dirinya tidak terlalu menyoalkan siapa yang bakal turun sebagai starter. Yang terpenting bagi pemain berusia 30 tahun ini adalah bisa kembali dipercaya membela Timnas Indonesia.

"Masuk Timnas saja sudah bersyukur. Saya tidak ada di benak untuk mengatakan persaingan. Tapi mari sama-sama saling bantu untuk Timnas karena siapa pun yang main kita wajib dukung," ujarnya.

Fachruddin dan Hansamu Yama memang selama ini kerap mendapat kepercayaan dari tim pelatih untuk mengawal barisan pertahanan. Nyaris tak ada nama lain yang bisa menggantikan duet bek Madura United dan Barito Putera tersebut dalam beberapa tahun terakhir.

Dengan dipanggilnya Abdul Rahman tentu peta persaingan untuk posisi tersebut akan berubah. Bisa dikata, Rahman adalah pemain yang paling senior dari delapan pemain yang dipanggil untuk mengisi lini pertahanan.

"Saya belum tahu soal jadi starter atau tidak. Biarkan itu menjadi urusan pelatih. Saya sebagai pemain cukup kerja keras dalam latihan. Dan, tentu saya berharap bisa memberikan yang terbaik buat Timnas jika dipercaya bermain," jelasnya.

Abdul Rahman tampil impresif bersama PSM Makassar musim ini. Pemain yang juga pernah memperkuat Timnas Indonesia U-23 (2011-2012) ini tak pernah tergantikan sebagai starter dalam 23 laga yang dilakoni Tim Juku Eja. 

Tercatat ia sudah menorehkan 2.070 menit bermain dan membawa PSM Makassar bertengger di peringkat kedua klasemen sementara Liga 1 Indonesia.

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%