Liga Indonesia

Makan Korban Jiwa, Perlukah Fatwa Haram untuk Sepak Bola Indonesia?

Rabu, 3 Oktober 2018 21:34 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Kekerasaan yang sering kali terjadi dalam dunia sepak bola Indonesia memancing keprihatinan banyak pihak.

Bahkan saking seringnya pertandingan sepak bola menyebabkan kerusuhan antara suporter sepak bola di kota Tangerang, Majelis Ulama Indonesia (MUI) kota Tangerang sampai mengeluarkan fatwa haram pertandingan sepak bola dilangsungkan di kota yang menjadi bagian Provinsi Banten itu pada tahun 2012 lalu.

Soal keterlibatan MUI dalam dunia sepak bola Indonesia, diakui oleh Sekertaris Jendral (Sekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sholahudin Al-Ayub tak lepas dari peran serta para ulama dalam setiap apa yang dialami masyarakat dalam kehidupan, termasuk di bidang olahraga sepak bola. 

"MUI, ulama tidak bisa terlepas dari apa yang dialami masyarakat. Ketika masyarakat memerlukan keterlibatan ulama untuk menyelesaikan kasus-kasus yang ada, para ulama tak bisa menolak."

"Dalam melihat segala sesuatu, terutama dalam melihat efek buruk pertandingan (sepak bola), ulama bisa mempertimbangkan maslahat dan mudaratnya (manfaat baik dan buruknya)," kata Sholahudin kepada INDOSPORT.

47