Bola Internasional

Terinspirasi Timnas U-16, Anak Asuh Indra Sjafri Bakal Mati-matian di Piala Asia

Kamis, 4 Oktober 2018 06:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Rafif Rahedian
© Abdurrahman Ranala/INDOSPORT
Ucapan terima kasih pemain Indonesia dan staf oficial kepada suporter. Copyright: © Abdurrahman Ranala/INDOSPORT
Ucapan terima kasih pemain Indonesia dan staf oficial kepada suporter.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri mengaku bangga dengan perjuangan Timnas Indonesia U-16 di Piala Asia yang berlangsung di Malaysia.

Kendati gagal melangkah ke Piala Dunia U-17 tahun depan, Indra mengatakan hal itu melecutkan semangat anak asuhnya yang akan bertanding di Piala Asia U-19 2018 pada Oktober ini.

Timnas U-16 gagal ke semifinal Piala Asia, usai kalah 2-3 dari Australia U-16, Senin (01/10/18) lalu, sehingga tiket ke Piala Dunia U-17 pun berlalu.

Tapi, perjuangan Rendy Juliansyah dan kawan-kawan dinilai sudah maksimal dan membuktikan Indonesia mampu bersaing di kancah internasional.

"Timnas U-16 menginspirasi kita, dalam arti kata sepak bola kita gak ketinggalan. Sekarang bagaimana kita bersaing bersama mereka (negara luar)," ujar Indra Sjafri.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Coach Indra Sjafri saat menyanyikan lagu Indonesia Raya. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTCoach Indra Sjafri saat menyanyikan lagu Indonesia Raya.

"Tapi tetap saya bilang ke anak-anak U-19, apa pun situasinya, harus cerdas, sabar dan tetap satu tujuan serta berupaya semaksimal mungkin untuk mencapai yang terbaik, untuk bisa lolos ke Piala Dunia," imbuhnya.

Lebih lanjut, Indra Sjafri menyatakan jika raihan trofi bukan menjadi tolak ukur bagi Timnas kelompok usia. Hal paling penting adalah soal pembinaan dan meletakan dasar sepak bola yang benar.

"Saya pribadi terima kasih banget atas hasil kerja keras coach Fakhri (Husaini) dan ini hasil kerja keras PSSI yang konsisten dalam pembinaan usia muda," katanya.

"Walaupun kita belum rezeki ke Piala Dunia, yang penting untuk saya ini sudah prestasi. Perlu kita banggakan, jadikan motivasi bagi kami ke depannya yang harus diketahui usia muda bukan soal banyaknya trofi tapi berapa banyak pemain yang dihasilkan untuk bisa support tim senior," imbuh Indra Sjafri.

Bersama Timnas U-19, Indra Sjafri akan berusaha melanjutkan mimpi membawa Indonesia berkiprah di Piala Dunia U-20 tahun depan. Syarat utama yang harus ditaklukkan adalah dengan menembus babak semifinal. Ini akan jadi petualangan kedua Indra Sjafri setelah sebelumnya gagal di era Evan Dimas Cs.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain Serta Serba-serbi Bola Internasional di INDOSPORT.COM.