Liga Indonesia

Viking Beri Solusi Agar Bobotoh Bisa Damai dengan Jakmania

Kamis, 4 Oktober 2018 14:25 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Perseteruan yang sudah terjadi bertahun-tahun antara pendukung Persija Jakarta, Jakmania dengan pendukung Persib Bandung, Bobotoh seakan menjadi masalah yang selalu sulit untuk terselesaikan.

Beberapa kali kampanye perdamaian telah dilakukan para pemimpin kedua belah pihak. Bahkan dalam akar rumput organisasi tersebut, upaya perdamaian juga telah dilakukan. Namun konfilk terus saja terjadi, tak sedikit pula korban jiwa yang berjatuhan dari kedua belah pihak.

Namun seperti yang diakui oleh Ketua Viking Persib Club (VPC) terus terjadinya konflik tak lepas dari banyaknya simpatisan kedua belah klub yang belum tergabung dengan organisasi suporter resmi. Jadi lebih sulit untuk dikendalikan.

"Maka itu, kita sudah sering ketemu. Kalau The Jakmania dan Viking yang resmi mungkin bisa ditipiskan kekerasan itu, ya karena kita sering ada kegiatan bareng."

"Yang pelaku kemarin (pengeroyokan Haringga Sirila) tidak punya kartu (anggota VPC), tidak punya tiket, tapi mereka ya Bobotoh. Kasihan gitu. Mereka juga enggak berniat bunuh," kata Heru Joko dalam wawancaranya dengan beritagar.

105