Bola Internasional

Piala Asia U-16: Tembus Final, Tajikistan Cetak Sejarah

Jumat, 5 Oktober 2018 11:06 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© AFC
Selebrasi para pemain Tajikistan usai lolos ke final Piala Asia U-16 2018. Copyright: © AFC
Selebrasi para pemain Tajikistan usai lolos ke final Piala Asia U-16 2018.

INDOSPORT.COM - Kejutan terjadi dalam laga semifinal Piala Asia U-16 yang berlangsung pada Kamis (05/10/18) lalu, dimana Tajikistan berhasil menaklukan salah satu tim kuat Korea Selatan dan berhak melangkah ke partai puncak.

Dalam pertandingan semifinal kontra The Young Taeguk Warriors, Tajikistan berhasil unggul lebih dulu saat laga baru berjalan 2 menit, namun jelang babak pertama berakhir Korea Selatan berhasil menyamakan kedudukan.

Dibabak kedua tak ada gol yang tercipta dari kedua tim, hingga akhirnya laga harus dilanjutkan dengan babak adu penalti.

Tajikistan yang tak diunggulkan, berhasil memberi kejutan dengan menang adu tos-tosan setelah penendang terakhir Korea Selatan tak mampu menjalankan tugasnya.

Menang atas Korea Selatan membuat Tajikistan berhak tampil di Final dan akan menjamu tim kuat Jepang yang sebelumnya sukses mempecundangi Australia 3-1.

Keberhasilan menembus partai Final Piala Asia U-16 2018, menjadi sebuah rekor baru untuk tim asal Asia Tengah tersebut. Pasalnya, Tajikistan baru pertama kali berada di partai puncak selama tiga kali penampilan di ajang ini.

Dalam tiga kali turun di Piala Asia U-16, pencapaian tertinggi Tajikistan adalah meraih peringkat ketiga yang diperoleh pada gelaran edisi 2006 lalu.

Dengan masuk ke final, pencapaian paling buruk yang akan diraih Tajikistan nanti adalah posisi runner-up dan hal tersebut telah lebih baik dari pencapaian tahun-tahun sebelumnya.

Lolosnya Tajikistan ke partai Final Piala Asia U-16 sendiri memang memberi kejutan bagi publik pecinta sepak bola, pasalnya dalam laga perdana peyisihan mereka sempat di cukur Malaysia setengah lusin gol.

Namun perlahan anak asuh Chickasha Suzuki tersebut mulai panas dan terus meraih kemenangan, mungkin ditambah sedikit keberuntungan yang akhirnya membuat mereka sampai ke final.

Terus Ikuti Berita Olahraga dan Sepak Bola Seputar Piala Asia U-16 2018 Hanya di INDOSPORT.COM