Bola Internasional

Piala Asia U-16 2018: Jepang Juara, Tajikistan Tetap ke Piala Dunia

Minggu, 7 Oktober 2018 21:38 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© AFC
Jun Nishikawa berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Tajikistan. Copyright: © AFC
Jun Nishikawa berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Tajikistan.

INDOSPORT.COM - Gelaran kompetisi sepak bola antar negara Asia, Piala Asia U-16 2018 baru saja selesai memainkan partai puncak, antara Jepang vs Tajikistan di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Minggu (07/10/18) malam.

Jepang berhasil menjuara Piala Asia U-16 2018, sementara Tajikistan, meski pun kalah, mampu mencetak rekor dengan lolos ke Piala Dunia U-17 2019 di Peru tahun depan.

Di awal laga puncak ini, Jepang langsung menunjukkan kualitas mereka dengan menggempur pertahanan Tajikistan. Dengan hampir mencetak gol pada menit ke-23, sepakan jarak dekat Toyama tidak mampu menaklukkan kiper Tajikistan.

Tidak hanya terus-terusan digempur, Tajikistan juga memberikan perlawanan dengan serangan balik. Sayang, sepakan Zairov berhasil dimentahkan oleh kiper Jepang.

Pertandingan babak pertama ini berjalan dengan sangat alot. Di mana Tajikistan benar-benar merapatkan pertahanan mereka dan sangat sulit untuk ditembus.

Babak pertama pun berakhir dengan skor imbang tanpa gol. Babak kedua terlihat hampir sama dengan jalannya babak pertama, Jepang masih kesulitan.

Banyak peluang Jepang yang akhirnya berhasil dimentahkan. Hingga menit ke-63, akhirnya gol tercipta untuk Jepang lewat sepakan Jun Nishikawa yang tanpa penjagaan di depan gawang.

Memasuki menit 80, Tajikistan yang tadinya bermain ketat di pertahanan, mulai berupaya menyerang karena tertinggal. Namun, 10 menit tidak cukup untuk mereka menyamakan kedudukan, laga berakhir dengan kemenangan 1-0 untuk Jepang.

Seiring berakhirnya laga ini, Piala Asia U-16 2018 pun sudah berakhir. Asia mengirimkan empat wakil ke Piala Dunia U-17 di Peru nanti, yaitu, Jepang, Tajikistan, Korea Selatan dan Australia.

Terus Ikuti Berita Olahraga dan Perkembangan Sepak Bola Piala Asia U-16 2018 Hanya di INDOSPORT

828