Bola Internasional

Rumit, Ini Alasan Gianlugi Buffon Belum Juga Pensiun

Selasa, 9 Oktober 2018 16:48 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Arum Kusuma Dewi
© fourfourtwo
Buffon ungkap bahwa dirinya lebih bahagia berada di PSG ketimbang di Italia Copyright: © fourfourtwo
Buffon ungkap bahwa dirinya lebih bahagia berada di PSG ketimbang di Italia

INDOSPORT.COM - Kiper Paris Saint-Germain (PSG), Gianluigi Buffon, mengaku tak tahu kapan akan pensiun. Ia tak ingin menetapkan kapan harus berhenti dari dunia sepak bola.

Buffon diperkirakaan akan pensiun ketika kontraknya di Juventus berakhir pada musim panas, tetapi pada usia 40 tahun ia memutuskan untuk bergabung PSG.

"Saya telah belajar dalam beberapa tahun terakhir bahwa itu akan menjadi kesalahan untuk menetapkan batas," kata Buffon kepada L'Équipe.

"Pada usia 32 saya pikir saya akan bermain sampai 35 tahun. Setelah itu, keadaan mendikte bahwa saya terus bermain. Lalu saya berkata pada diri sendiri: 'Saya akan berhenti di 38'. Tapi pada 38 saya berkata: 'Saya akan berhenti di 40," imbuhnya.

Buffon mengaku tak tahu kapan akan pensiun, bahkan ia tak ingin tahu kapan harus istirahat. Namun, jika suatu hari momen itu akan tiba, kiper legendaris Italia tersebut selalu siap.

"Hidup telah membuatnya sehingga saya masih di sini hari ini, saya bisa berhenti dalam enam bulan, setahun, atau 10 tahun dan saya tidak ingin bertanya, saya tidak ingin tahu," ujar Buffon.

"Saya yakin bahwa emosi dan kehidupan yang saya miliki, bahkan di ruang ganti, bukanlah sesuatu yang dapat saya temukan di tempat lain. Saya tidak yakin bahwa pemain normal akan menjalani kehidupan seperti yang saya miliki," lanjutnya.

"Anda harus menerima bahwa hidup memiliki beberapa fase, dan Anda tidak boleh terkejut. Jadi saya tahu bahwa suatu hari itu akan terjadi, dan saya tidak akan terkejut," tuturnya menambahkan.

Gianluigi Buffon kini telah tampil dalam lima pertandingan bersama PSG di Ligue 1 musim 2018/19. Jumlah itu yang terbanyak dibanding dua kiper lainnya, yakni Alphonse Areola dan Sebastien Cibois.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM