Bola Internasional

Eks Persib Bandung Ungkap Rahasia Sukses Dilatih Jose Mourinho

Rabu, 10 Oktober 2018 11:33 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Isman Fadil
© Gita Agiet/INDOSPORT
Michael Essien (tengah/gelandang Persib Bandung) menggendong rekan setimnya, Febri Hariyadi (kiri). Copyright: © Gita Agiet/INDOSPORT
Michael Essien (tengah/gelandang Persib Bandung) menggendong rekan setimnya, Febri Hariyadi (kiri).

INDOSPORT.COM - Pelatih Manchester United, Jose Mourinho, kerap bermasalah dengan anak asuhnya. Meski begitu, masih ada beberapa pemain yang menyukai gaya melatih pria asal Portugal tersebut.

Salah satu pemain yang dekat dengan Mourinho adalah Michael Essien. Pria asal Ghana pernah menjadi anak asuh pelatih yang sering dijuluki The Special One ini saat masih di Chelsea dan Real Madrid. Essien menuturkan bahwa Mourinho adalah sosok pelatih yang sangat tegas.

"Sewaktu saya di Chelsea dilatih Jose, terkadang dia keras terhadap kami agar kami bisa menampilkan yang terbaik. Lalu kami langsung ubah gaya permainan," ungkap mantan pemain Persib Bandung ini kepada Daily Mail.

Bersama Mourinho semasa di Chelsea, Essien turut membawa klub London biru tersebut meraih gelar Liga Primer Inggris (2005/2006) dan Piala FA (2006/2007). Essien sendiri sempat dilatih Mourinho lagi pada 2012 saat di Real Madrid, walau hanya semusim.

Mengenai permasalahan Mourinho dengan pemain, Essien berpesan bahwa tips suksesnya adalah fokus dan ikuti kata pelatih. Baginya, Mourinho bukan orang yang memperumit situasi.

"Pesannya selalu jelas. Saya ingin kamu begini melakukan ini dan lakukan," lanjutnya.

Laga Chelsea vs Manchester United di Stamford Bridge pada pekan sembilan Liga Inggris, Sabtu (20/10/18), dilaporkan akan menjadi penentuan nasib Mourinho sebagai juru taktik. Manajemen Setan Merah dikabarkan juga sudah memiliki beberapa nama pelatih jika Mourinho dilengserkan.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Ayah dari Khabib Nurmagomedov ini mengirimkan sebuah pesan kepada rival anaknya. Abdulmanap berpesan agar apa yang terjadi dapat menjadi pelajaran. #khabibnurmagomedov #mcgregor #ufc #indosport

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

Terus Ikuti Berita Olahraga dan Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT

123