Liga Inggris

Bukan VAR, Liga Primer Inggris Pakai Teknologi Muktahir Pantau Kinerja Wasit

Kamis, 11 Oktober 2018 04:07 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
 Copyright:

INDOSPORT.COMAsosiasi Sepak Bola Inggris (FA) mempunyai peraturan baru yang modern. Para pelatih Liga Primer Inggris bisa menggunakan teknologi muktahir seperti iPad untuk meninjau keputusan wasit.

Sebuah perubahan dalam peraturan FA musim panas lalu, membuat manajer dan staff klub bisa menggunakan iPad di ruang istirahat untuk memantau kinerja wasit bagi pelatih yang menerima hukuman larangan berada di touchline.

Hukuman tersebut berlaku bagi para pelatih Liga Primer Inggris yang berlaku buruk selama pertandingan berlangsung, di mana akan diberikan peringatan tahap satu.

Richard Bevan, selaku manajer FA, mengatakan juga memungkinkan para pelatih dan staf mereka untuk menggunakan iPad dan perangkat yang serupa guna terhindar dari masalah karena protes berlebihan.

"Itu berarti mereka memiliki informasi yang cepat dan akurat tentang keputusan wasit, daripada kesal dan melawan mereka,” ujar Bevan kepada laman Sun Sports.

“Kualitas wasit di Liga Primer Inggris sangat tinggi. Anggota kami mengakui ada beberapa kesalahan. Tapi para dewan kami memiliki pemahaman jauh lebih banyak tentang apa yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah. Itulah perbedaan mencolok antara Liga Primer dan divisi di bawahnya,” imbuhnya.

© Reuters
Mauricio Pochettino adalah satu-satunya manajer di Liga Primer Inggris yang dikenakan sanksi musim ini Copyright: ReutersMauricio Pochettino adalah satu-satunya manajer di Liga Primer Inggris yang dikenakan sanksi musim ini

Ia juga mengungkapkan bahwa pelatih senior lebih mampu untuk mengatasi masalah emosinya dibandingkan dengan manajer muda, yang kerap melampiaskan kekesalannya di lapangan.

“Sebagian bahwa para manajer Liga Primer Inggris cenderung lebih tua dan lebih berpengalaman dalam menangani emosi pekerjaan. Usia rata-rata manajer Liga Primer musim ini adalah 56. Banyak dari mereka di EFL berusia di bawah 45 tahun,” jelasnya lagi.

Para pelatih yang akhir-akhir ini mendapatkan larangan berada di garis lapangan ialah Neil Warnock (Cardiff City), Jose Mourinho (Manchester United), Antonio Dias (asisten pelatih Wolves) dan Mauricio Pochettino (Tottenham Hotspur).

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT

28